SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Harga kentang lokal di Kota Solo jeblok sepekan terakhir menyusul masuknya kentang impor ke pasar tradisional. Harga kentang impor yang sangat murah, membuat harga kentang lokal jatuh antara Rp1.000-2.000/kilogram (kg) atau turun sampai 20%.

Pedagang sayuran di Pasar Kadipolo Solo, Jumiyatun mengungkapkan, harga kentang lokal telah sepekan ini jatuh, menjadi hanya Rp7.000-Rp7.500/kg. Padahal sebelumnya, harga kentang berkisar Rp9.000/kg. Jumiyatun menduga anjloknya harga kentang lokal disebabkan beredarnya kentang impor di pasar tradisonal. “Sudah sepekan ini harga turun. Mungkin itu pengaruh karena kentang impor masuk. Soalnya, harga kentang impor sangat murah,” jelas dia, saat ditemui wartawan, di pasar setempat, Rabu (12/10).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumiyatun membeberkan, harga kentang impor di pasaran hanya Rp5.000-Rp5.500/kg, dengan bentuk dan ukuran yang nyaris sama. Bentuk fisik kentang impor sama besar dengan kentang lokal. Warna kuning khas kentang pun sama, meski kentang impor biasanya berkulit halus dan mulus.

Meski kentang impor tersedia melimpah, menurut dia, tak banyak pembeli menyukai kentang murah tersebut. Menurut dia, kentang impor memiliki kualitas yang lebih buruk. Jika dimasak, kentang impor berubah warna menjadi kehitaman. Warna hitam ini tidak bagus jika kentang hendak diolah menjadi perkedel.

Pedagang sayuran lain, Wahyuning, juga mengakui harga kentang lokal jeblok dalam sepekan terakhir. Bagi dia sebagai pedagang, jebloknya harga kentang tidak masalah. Tetapi, bagi petani hal tersebut tentu merugikan. Wahyuning sendiri tidak meributkan asal kentang yang dia jual. Yang jelas, kentang dibeli dari pedagang besar di Pasar Legi untuk kembali dijual di Pasar Kadipolo.

“Saya tidak tahu soal impor, saya hanya kulakan ke Pasar Legi, lalu saya jual lagi. Soal harga memang turun sejak sepekan ini. Tapi penyebab turun kenapa saya tidak tahu,” kata Wahyuning. Wahyuning menjual kentang seharga Rp6.000/kg. Sebelumnya, dia menyebut, harga kentang mencapai Rp8.000-Rp9.000/kg.(JIBI/SOLOPOS/tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya