Impor Baju Bekas Dilarang, Ini Alasan Penggemar Tetap Milih Thrift

Sejumlah penggemar pakaian thrift di Kota Solo menilai, thrifting menjadi suatu hal yang menurut mereka cukup menyenangkan dan ramah kantong.

 Pengunjung memilih baju saat Thrifting Festival yang diselenggarakan Java Thrifting Day di Solo Grand Mall, Jumat (25/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

SOLOPOS.COM - Pengunjung memilih baju saat Thrifting Festival yang diselenggarakan Java Thrifting Day di Solo Grand Mall, Jumat (25/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah penggemar pakaian thrift di Kota Solo menilai, thrifting menjadi suatu hal yang menurut mereka cukup menyenangkan dan ramah kantong. Membeli pakaian thrift menurut mereka dapat memangkas sepertiga dari harga baru produk yang sama.

Salah satunya, Johari Abdul Chalim, 22, seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Solo. Alim, panggilannya bisa dibilang selalu berkunjung ke event thrifting yang digelar di Kota Bengawan.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Ia mengatakan, harga pakaian thrift bisa sepertiga dari harga pakaian asli atau baru. Alim mencontohkan, ia pernah membeli celana thrift model chinos merek Uniqlo seharga Rp200.000. Padahal, bila di toko resmi dan dengan kondisi baru, celana tersebut dibanderol Rp600.000.

“Misalnya merek Uniqlo chinos pants, itu kalau baru bisa Rp600.000 tapi kalau thrift ya sekitar Rp200.000 beruntung di bawahnya lagi,” kata dia saat ditemui Solopos, Senin (15/8/2022).

Harga tersebut dinilai sangat ramah kantong mahasiswa namun juga tak ketinggalan mode. Menurut Alim, merek barang yang dijual pada event thrift boleh dikata lebih branded dan berkualitas. Hal itu juga yang menjadi pertimbangan kedua Alim lebih suka membeli pakaian thrift.

Baca juga: Pengusaha Minta Kemendag Hukum Importir Baju Bekas, Ini Alasannya

“Pertama harga. Kedua merek, baru kualitas, bahannya, kemudian [kualitas] sablon. Terkadang kalau merek [terkenal] kan mestinya kelihatan keren,” imbuh mahasiswa semester lima tersebut.

Tak hanya dalam event, Alim juga sering membeli pakaian thrift melalui online shop. Namun ia tak bisa menghitung, berapa kali rata-rata ia membeli pakaian thrift dalam sebulan. Menurutnya, ia hamper selalu membeli pakaian thrift yang ia inginkan.

“Sering online. Kadang pas event. Targetku kadang [membeli] sesuai yang diinginkan,” kata dia.

Sementara itu, Haryas, 25, lebih mempertimbangkan model pakaian dibanding harga saat ia hendak membeli pakaian thrift. Haryas sendiri cenderung menyukai pakaian dengan model-model vintage. Karenanya ia kerap berburu pakaian dengan model dan merek jadul di toko pakaian thrift.

“Nomer satu model, nomor dua brand lawas, tiga baru, harga,” kata Haryas, Senin.

Baca Juga: Mendag Sebut Bisnis Baju Bekas Boleh, Impornya yang Dilarang

Sama halnya dengan Alim, Haryas mengaku ia dapat memangkas sepertiga biaya yang harus ia keluarkan untuk membeli pakaian. Sejauh pengalamannya, ia sempat membeli pakaian thrift dari harga Rp20.000 hingga Rp500.000, tergantung model yang ia pilih.

“Rp20.000 sampai Rp500.000. Iya sepertiga [perbandingan harga thrift dengan pakaian baru],” kata dia.

Dea Nur, 24, seorang pekerja perbankan yang gemar membeli pakaian thrift. Saat diwawancara Solopos, Dea mengatakan ia hampir dalam dua atau tiga bulan membeli pakaian thrift. Tak tanggung, ia mengaku bisa membeli tiga potong pakaian sekaligus.

“Sering malah. Dan sekali beli aku bisa tiga langsung kalau cocok modelnya,” katanya saat berbincang dengan Solopos.

Baca Juga: Penjual Thrift Pastikan Produk Mereka Bersih dan Tak Bakal Rugikan IKM

Dibandingkan datang ke event thrift, Dea cenderung banyak membeli pakaian thrift di online shop. Bahkan ia harus adu cepat dengan pembeli lain saat toko pakaian thrift tersebut sedang menjual pakaian menggunakan fitur siaran langsung.

Tampaknya faktor harga pakaian thrift menjadi pertimbangan terbesar bagi penggemarnya. Namun Dea juga mempertimbangkan model pakaian saat hendak membeli pakaian thrift. Menurutnya model yang ada di toko pakaian thrift jauh lebih menarik perhatiannya.

Ketiga, Dea mempertimbangkan ukuran pakaian. Ia mengaku kerap mendapat pakaian dengan ukuran yang pas sesuai badannya.

“Kalau brand sih enggak terlalu penting, cuma senang model dan ukuran karena jarang banget dapat model dan ukuran yang pas kalau beli di toko-toko [selain thrift],” imbuh dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 6 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Kamis (6/10/2022) hari ini kompak naik untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      IHSG Diprediksi Rawan Terkoreksi, Saham Perbankan Tetap Dicari

      Tim riset MNC Sekuritas menyatakan IHSG bergerak cenderung flat dan ditutup pada level 7.075. Adapun pergerakan IHSG masih berada di atas MA60.

      Inovasi Baru dari Sragen, Pasta Kapur Pengganti Malam Batik

      Inventor asal Kabupaten Sragen, Dwys Apga Kartiyanto membawa inovasi baru dunia seni dan fashion dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022.

      Bisa Terhindar dari Macet, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Mengintip Kebijakan Pemerintah Norwegia yang Sukses Kembangkan Mobil Listrik

      Keseriusan Norwegia untuk mengembangkan mobil listrik sudah dimulai sejak 1990-an lewat berbagai kebijakan. Kini, Norwegia bersiap menjadi negara pertama yang hanya akan menjual mobil listrik pada 2025.

      Pisalin Luncurkan Seri Produk Baru, Sepet Madu

      Pisalin by Tokosolopos kembali meluncurkan seri produk terbarunya. Diberi nama seri Sepet Madu, kali ini Pisalin menampilkan busana kebaya batik dengan berbagai model.

      Menikahi Catherine Wilson dengan Mas Kawin Mahal, Segini Kekayaan Idham Mase

      Idham Mase resmi menikah dengan artis Catherine Wilson dengan mas kawin mahal. Lantas berapa total kekayaan Idham Masse yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan itu?

      Kabar Gembira untuk Pencinta Toyota, Nasmoco Bagi-Bagi SUV di Akhir Tahun

      Dealer resmi Toyota di Jawa Tengah dan DIY tersebut akan bagi-bagi mobil SUV untuk bisa dibawa pulang secara cuma-cuma oleh konsumen yang beruntung.

      Infrastruktur Butuh Rp6.445 Triliun hingga 2024, APBN Hanya Penuhi 37%

      Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban menyebutkan pembangunan infrastruktur di Indonesia sepanjang 2020 sampai 2024 membutuhkan dana sebesar Rp6.445 triliun.

      Winter Tech, Si Biang Kerok Startup Lakukan PHK Besar-Besaran

      Winter tech atau masa stagnasi dalam kemajuan teknologi dianggap sebagai biang kerok banyaknya perusahaan startup yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

      Pemkot Solo Bersama STP akan Fasilitasi Inventor Pemenang Krenova 2022

      Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menghilirisasi produk-produk inovatif hasil Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022.

      Strategi BRI Capai Net Zero Emission, Pakai Mobil Listrik sampai Green Building

      Penggunaan sumber daya ramah lingkungan dan energi baru terbarukan (EBT) oleh BRI secara gradual akan terus ditingkatkan.

      BPOM Ungkap 26 Juta Pcs Obat Tradisional Ilegal, Sebagian Besar Dijual Online

      BPOM menemukan sebanyak 26 juta pcs obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dengan nilai lebih dari Rp540 miliar.

      Tiap Bulan, 817.000 Meter Kubik Air PDAM Solo Hilang

      Air hilang atau non-revenue water (NRW) adalah air yang tidak berekening atau tak bisa diuangkan.

      Antam dan UBS Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 5 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (5/10/2022) hari ini kompak naik untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.