IMLEK 2018 : 9 Lokasi Ini Disiapkan untuk Parkir Kendaraan Penonton Lampion Pasar Gede

 Lampu lampion perayaan Tahun Baru Imlek di depan Pasar Gede Solo diuji coba, Senin (5/2/2018) malam. (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Lampu lampion perayaan Tahun Baru Imlek di depan Pasar Gede Solo diuji coba, Senin (5/2/2018) malam. (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

Dinas Perhubungan Solo menyiapkan sembilan lokasi parkir insidental untuk warga yang ingin menonton lampion Pasar Gede.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menyiapkan sembilan lokasi parkir insidental yang bisa dimanfaatkan masyarakat saat ingin menikmati suasana lampu lampion Tahun Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede dan Jl. Jenderal Sudirman.

Sembilan lokasi parkir insidental tersebut, yakni halaman Benteng Vastenburg, Taman Parkir Loji Wetan, Jl. Mayor Kusmanto depan Telkom sisi utara, depan BRI Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Arifin depan BNI, Jl. Suryo Pranoto, Jl. R.E. Martadinata, Jl. Utara Pasar Gede, dan Jl. Urip Sumoharjo ruas ruas Pasar Gede.

Dishub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan ruang-ruang parkir yang telah disediakan itu supaya tidak mengganggu kenyamanan umum. Dishub tidak segan menggembok kendaraan milik masyarakat yang terparkir sembarangan.

“Masyarakat jelas tidak boleh parkir sembarangan. Kami akan tindak tegas mereka yang parkir kendaraan dengan asal-asalan,” kata Kabid Perparkiran Dishub Solo, Moch. Usman saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (8/2/2018).

Baca:

Nyala Lampion Tahun Baru Imlek 2018 Solo Diuji Coba, Begini Suasananya

Imlek 2018, Ada Apa Saja di Pasar Gede Solo?

Usman menyampaikan Dishub bakal secara rutin mengerahkan personel untuk memantau situasi kawasan Pasar Gede, jembatan Pasar Gede, dan Jl. Jend. Sudirman yang dipasangi lampion Tahun Baru Imlek 2018. Petugas Dishub Bidang Perparkiran akan memastikan tidak ada masyarakat yang memarkir kendaraan secara sembarangan.

Sedangkan petugas Dishub dari Bidang Lalu Lintas akan mengawasi kelancaran lalu lintas. Petugas Dishub bisa saja menutup ruas jalan saat terjadi lonjakan pengunjung di sekitar lampion.

“Kami juga akan pasang rambu portabel larangan parkir di sejumlah lokasi di sekitar Pasar Gede, Jembatan Pasar Gede, dan Jl. Jenderal Sudirman. Hal ini untuk menguatkan adanya kebijakan zona larangan parkir di kawasan Solo Imlek Lampion,” jelas Usman.

Usman mengaku belum mengetahui kapan lampion di kawasan Pasar Gede, Jembatan Pasar Gede, dan Jl. Jenderal Sudirman secara resmi akan dinyalakan. Dishub mengetahui beberapa hari yang lalu lampion sempat dinyalakan namun itu baru tahap uji coba.

Dishub bakal mulai menyediakan lokasi parkir insidental setelah lampu lampion secara resmi dinyalakan Panitia Bersama Imlek 2018. Sesuai kesepakatan bersama, lampu lampion pada perayaan Imlek tahun ini hanya akan dinyalakan sampai pukul 23.00 WIB.

Saat dimintai informasi, Ketua Panitia Bersama Imlek 2018 di Solo, Sumartono Hadinoto, menyampaikan lampu lampion dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2018 secara resmi sebenarnya sudah mulai dinyalakan sejak Selasa (6/2/2018) malam. Hanya memang baru lampion merah yang bisa dinyalahan.

Sementara lampion bentuk shio, dewa, dan tokoh pewayangan bakal dinyalakan setelah terpasang. Lampion-lampion tersebut kini masih dalam proses pembuatan.

“Lampion sudah nyala 3 hari ini [terhitung sejak Selasa]. Sesuai kesepakatan rapat koordinasi, lampion bakal dinyalakan hanya sampai pukul 23.00 WIB untuk mengurangi kemacetan,” terang Sumartono.

Berita Terkait

Berita Terkini

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Rumah BUMN, Wujud Dukungan Semen Gresik Untuk UMKM Jateng

Program yang telah dilakukan PT Semen Gresik, yaitu mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN dalam mentoring dan kurasi produk UMKM.

Terkendala Ijin, Ratusan Kapal Nelayan di Tegal Tidak Melaut

Nelayan menuntut pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut bagi eks nelayan kapal dengan alat tangkap cantrang

Pantau Vaksinasi Anak di Boyolali, Puan Bagikan Buku & Kaus Mbak Puan

Puan mendampingi siswa yang divaksin, serta sempat mampir ke kelas untuk berdialog dengan siswa.

Goa Jatijajar Jadi Tambang Fosfat Besar di Masa Penjajahan Jepang

Goa Jatijajar di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pernah menjadi tambang fosfat besar pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Negara Rugi Rp3,6 Triliun Gara-Gara Kasus Korupsi Garuda Indonesia

Jaksa Agung, Sanitiar (ST) Burhanuddin, mengungkap kerugian sementara negara akibat kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan dan penyewaan pesawat PT Garuda Indonesia Rp3,6 triliun.

Bappeda Sragen Pertanyakan Sedikitnya Jumlah Sampel Susenas 2021

BPS Sragen hanya menggunakan 870 dari total 339.065 rumah tangga di Sragen sebagai sampel survei sosial ekonomi nasional (Susesnas) 2021. Bappeda Sragen mempertanyakan sedikitnya jumlah sampel itu.

Pemkot Salatiga Akan Pertahankan Tenaga Honorer

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyatakan akan mempertahankan tenaga harian lepas atau honorer di instansi pemerintahan atau Pemkot Salatiga.

Dikenal Teknik Putaran Miring, Melikan Bangun Wisata Edukasi Gerabah

Desa Melikan mengembangkan potensi gerabah dengan membikin wisata edukasi.

Misteri Penunggu Gunung Dempo, Suka Mencari Mangsa Saat Pagi dan Senja

Gunung Dempo tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, namun juga menyimpan misteri penunggu puncak gunung yang suka turun saat pagi dan senja menjelang petang.

Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Dari seluruh potensi bencana alam yang ada, seluruh wilayah Sukoharjo perlu mewaspadai risiko terjadinya angin kencang yang berpotensi merusak.

Cek! Bantul Mulai Terapkan Harga Baru Minyak Goreng Rp14.000 per Liter

Pemkab Bantul mengecek toko berjejaring sudah menerapkan harga baru minyak goreng Rp14.000 per liter, tetapi pedagang pasar tradisional malah belum.

Joss! Daun Talas Beneng dari Jateng Tembus Pasar Ekspor Australia

Daun talas beneng dari Jawa Tengah berhasil menembus pasar ekspor Australia yang dihargai Rp15.000-Rp20.000 per kilogram.

Performa di Liga 1 Menurun, Persija Jakarta Depak Pelatih

Persija Jakarta resmi mendepak pelatih Angelo Alessio. Keputusan itu dibuat manajemen Macan Kemayoran menyusul hasil minor selama putaran kedua BRI Liga 1.

Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

Banjir yang menerjang Sragen pada Selasa (18/1/2022) berdampak pada kegiatan belajar mengajar di SDN 4 Ngrampal. Sebagian siswa SD tersebut harus belajar dari rumah karena sekolah kebanjiran.