IMLEK 2018 : 7 Simpang Jalan Solo Ditutup 7 Jam

 Rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Solo untuk perayaan Tahun  Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede Solo, Kamis-Jumat (15-16/2/2018), (Istimewa/Dishub Solo)

SOLOPOS.COM - Rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Solo untuk perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede Solo, Kamis-Jumat (15-16/2/2018), (Istimewa/Dishub Solo)

Dishub Solo akan menutup tujuh simpang jalan selama tujuh jam untuk mendukung kelancaran perayaan Tahun Baru Imlek 2018.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo bakal menutup tujuh simpang jalan sekaligus untuk mendukung kelancaran acara perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede, Kamis (15/2/2018) pukul 18.00 WIB hingga Jumat (16/2/2018) pukul 01.00 WIB.

Ketujuh simpang jalan yang bakal ditutup tersebut, yakni perempatan Jl. Jenderal Sudirman (Kantor Bank Indonesia Solo), pertigaan Denpom IV/4 Solo, perempatan utara Pasar Gede (Jl. Urip Sumoharjo), pertigaan utara Pasar Gede (Jl. Suryopranoto), perempatan Warung Pelem, perempatan Kantor PTPN Solo, dan perempatan Widuran.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan penutupan tujuh simpang jalan itu juga untuk menghindarkan para pengendara dari potensi kemacetan di kawasan Pasar Gede saat dipadati ribuan orang yang ingin menyaksikan perayaan Tahun Baru Imlek.

“Ada tujuh simpang jalan yang bakal kami tutup untuk mendukung penyelenggaraan acara perayaan Tahun Baru Imlek di kawasan Pasar Gede. Kami minta pengertian dari para pengguna kendaraan,” jelas Ari saar diwawancara Solopos.com, Rabu (14/2/2018).

Baca:

Ari menerangkan para pengendara tentu bakal diarahkan melewati jalur pilihan atau alternatif saat tidak bisa melewati kawasan Pasar Gede. Para pengendara di Jl. Urip Sumoharjo dari arah perempatan Panggung (utara) yang ingin ke Jl. Jenderal Sudirman (selatan) misalnya, bakal diarahkan melewati Jl. Ir. Juanda- Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Mayor Kusmanto untuk bisa sampai ke Jl. Jend. Sudirman tanpa melewati kawasan Pasar Gede.

Sementara kendaraan di Jl. Slamet Riyadi (selatan) yang ingin menuju ke arah Jebres (utara) bakal diarahkan melewati Jl. Imam Bonjol-Jl. Ronggowarsito (berlaku dua arah)-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Ir. Juanda-Jl. Urip Sumoharjo.

“Pada kondisi kepadatan arus lalu lintas tertetu, petugas di lapangan bisa jadi juga akan menutup simpang empat Nonongan arah ke Bundaran Gladak dan bundaran Gladak arah ke Balai Kota. Dua lokasi itu bisa dibuka tutup sewaktu-waktu atau situasional. Yang jelas di lapangan akan ada petugas yang siap membantu pengendara menemukan jalur alternatif pilihan saat kawasan Pasar Gede ditutup,” kata dia.

Dalam kesempatan perayaan Tahun Baru Imlek 2018, Dishub juga menyediakan kantong parkir insidental yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Ada sembilan kantong parkir yang direkomendasikan Dishub untuk digunakan pengunjung acara perayaan Tahun Baru Imlek 2018, yakni halaman Benteng Vastenburg, Taman Parkir Loji Wetan, Balai Kota, halaman Gereje Katolik St. Antonius Purbayan, kawasan parkir Pasar Gede, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Suryo Pranoto, Jl. Arifin, Jl. R.E. Martadinata, dan Jl. Mayor Kusmanto.

Kasi Parkir Umum dan Khusus Dishub Solo, Henry Satya Negara, mengatakan tarif parkir di lokasi parkir insidental berlaku progresif. Dengan demikian, para jukir sudah semestinya menarik retribusi parkir di belakang atau saat pengguna kendaraan mau meninggalkan lokasi parkir.

Jukir menarik retribusi parkir dengan besaran yang disesuaikan dengan lamanya waktu parkir masyarakat. Dia meminta para pengunjung perayaan Tahun Baru Imlek 2018 bisa memahami pemberlakuan tarif parkir tersebut. Jika kesulitan dengan sistem progresif, jukir semestinya menarik retribusi di awal dengan besaran maksimal Rp2.000/sepeda motor.

Dia menyebut Dishub kini telah memasang papan informasi pemberlakuan tarif bagi pengunjung perayaan Tahun Baru Imlek.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh! 9 Daerah di Jateng Endemis Penyakit Kaki Gajah, 6 di Pantura

Sembilan kota dan kabupaten di Jawa Tengah tercatat menjadi daerah endemis filariasis atau dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Telkom: Layanan IndiHome dan Telkomsel Pulih 100%

Telkom menyebut layanan IndoHome dan Telkomsel sudah pulih walau kabel bawah laut belum selesai disambung.

Motor dan Truk Boks Adu Banteng di Karanggede Boyolali, 1 Orang Meninggal

Peristiwa kecelakaan itu terjadi tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Boyolali, sekitar pukul 17.30 WIB.

Kondisi Terakhir Tukul Arwana Sebelum Kena Pendarahan Otak: Sehat & Bahagia Selalu

Tukul Arwana selalu terlihat baik-baik saja dan selalu bahagia sebelum dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi akibat pendarahan otak.

Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua

Pemberian bonus sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi.

Daftar Harga Rokok Terbaru 2021, dari Paling Murah hingga Termahal

Ini dia daftar harga rokok terbaru 2021 dari paling murah hingga paling mahal setelah kenaikan cukai rokok pada awal 2021 sebesar 12,5 persen.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Polres Boyolali Bekuk 9 Tersangka Kasus Pembuatan dan Peredaran Upal

Penangkapan awal dilakukan terhadap sebagian tersangka yang berada di rumah tersangka DS di Mojosongo, Boyolali pada Minggu (12/9/2021).

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Gemini, Gunakan Intuisi untuk Kendalikan Situasi!

Intuisi dan wawasan Gemini cukup bisa mengendalikan situasi di tengah kesalahpahaman.

Pendarahan Otak Tukul Arwana Bukan Dipicu Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan RS PON

RS PON memastikan pendarahan otak yang dialami komedian Tukul Arwana bukan dipicu vaksin Covid-19.

Awas! 12 Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Pendarahan Otak Seperti Tukul Arwana

Tips kesehatan kali ini membahas 12 gejala yang bisa menjadi penanda seseorang terkena pendarahan otak.

Banyak Anak Jateng yang Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19, Jumlahnya Bikin Sedih

Perlu adanya sinergi berbagai potensi masyarakat untuk menyelamatkan masa depan anak-anak terdampak Covid-19.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Latihan Penyelamatan Diri Penerbang Pesawat Tempur TNI AU

Meningkatkan kemampuan penerbang tempur khususnya saat keluar dari pesawat