IMLEK 2018 : 7 Simpang Jalan Solo Ditutup 7 Jam

 Rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Solo untuk perayaan Tahun  Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede Solo, Kamis-Jumat (15-16/2/2018), (Istimewa/Dishub Solo)

SOLOPOS.COM - Rekayasa lalu lintas yang disiapkan Dishub Solo untuk perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede Solo, Kamis-Jumat (15-16/2/2018), (Istimewa/Dishub Solo)

Dishub Solo akan menutup tujuh simpang jalan selama tujuh jam untuk mendukung kelancaran perayaan Tahun Baru Imlek 2018.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo bakal menutup tujuh simpang jalan sekaligus untuk mendukung kelancaran acara perayaan Tahun Baru Imlek 2018 di kawasan Pasar Gede, Kamis (15/2/2018) pukul 18.00 WIB hingga Jumat (16/2/2018) pukul 01.00 WIB.

Ketujuh simpang jalan yang bakal ditutup tersebut, yakni perempatan Jl. Jenderal Sudirman (Kantor Bank Indonesia Solo), pertigaan Denpom IV/4 Solo, perempatan utara Pasar Gede (Jl. Urip Sumoharjo), pertigaan utara Pasar Gede (Jl. Suryopranoto), perempatan Warung Pelem, perempatan Kantor PTPN Solo, dan perempatan Widuran.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan penutupan tujuh simpang jalan itu juga untuk menghindarkan para pengendara dari potensi kemacetan di kawasan Pasar Gede saat dipadati ribuan orang yang ingin menyaksikan perayaan Tahun Baru Imlek.

“Ada tujuh simpang jalan yang bakal kami tutup untuk mendukung penyelenggaraan acara perayaan Tahun Baru Imlek di kawasan Pasar Gede. Kami minta pengertian dari para pengguna kendaraan,” jelas Ari saar diwawancara Solopos.com, Rabu (14/2/2018).

Baca:

Ari menerangkan para pengendara tentu bakal diarahkan melewati jalur pilihan atau alternatif saat tidak bisa melewati kawasan Pasar Gede. Para pengendara di Jl. Urip Sumoharjo dari arah perempatan Panggung (utara) yang ingin ke Jl. Jenderal Sudirman (selatan) misalnya, bakal diarahkan melewati Jl. Ir. Juanda- Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Mayor Kusmanto untuk bisa sampai ke Jl. Jend. Sudirman tanpa melewati kawasan Pasar Gede.

Sementara kendaraan di Jl. Slamet Riyadi (selatan) yang ingin menuju ke arah Jebres (utara) bakal diarahkan melewati Jl. Imam Bonjol-Jl. Ronggowarsito (berlaku dua arah)-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Ir. Juanda-Jl. Urip Sumoharjo.

“Pada kondisi kepadatan arus lalu lintas tertetu, petugas di lapangan bisa jadi juga akan menutup simpang empat Nonongan arah ke Bundaran Gladak dan bundaran Gladak arah ke Balai Kota. Dua lokasi itu bisa dibuka tutup sewaktu-waktu atau situasional. Yang jelas di lapangan akan ada petugas yang siap membantu pengendara menemukan jalur alternatif pilihan saat kawasan Pasar Gede ditutup,” kata dia.

Dalam kesempatan perayaan Tahun Baru Imlek 2018, Dishub juga menyediakan kantong parkir insidental yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Ada sembilan kantong parkir yang direkomendasikan Dishub untuk digunakan pengunjung acara perayaan Tahun Baru Imlek 2018, yakni halaman Benteng Vastenburg, Taman Parkir Loji Wetan, Balai Kota, halaman Gereje Katolik St. Antonius Purbayan, kawasan parkir Pasar Gede, Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Suryo Pranoto, Jl. Arifin, Jl. R.E. Martadinata, dan Jl. Mayor Kusmanto.

Kasi Parkir Umum dan Khusus Dishub Solo, Henry Satya Negara, mengatakan tarif parkir di lokasi parkir insidental berlaku progresif. Dengan demikian, para jukir sudah semestinya menarik retribusi parkir di belakang atau saat pengguna kendaraan mau meninggalkan lokasi parkir.

Jukir menarik retribusi parkir dengan besaran yang disesuaikan dengan lamanya waktu parkir masyarakat. Dia meminta para pengunjung perayaan Tahun Baru Imlek 2018 bisa memahami pemberlakuan tarif parkir tersebut. Jika kesulitan dengan sistem progresif, jukir semestinya menarik retribusi di awal dengan besaran maksimal Rp2.000/sepeda motor.

Dia menyebut Dishub kini telah memasang papan informasi pemberlakuan tarif bagi pengunjung perayaan Tahun Baru Imlek.


Berita Terkait

Berita Terkini

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Ramai Banteng Vs Celeng di PDIP, Dencis: Jangan Sak Karepe Dewe!

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Denny Nurcahyanto alias Dencis mengomentari polemik banteng vs celeng yang belakangan memanas di internal parpol tersebut.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.

Minim, Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman UMKM Sukoharjo Baru Terserap 15%

Serapan bantuan subsidi bunga pinjaman modal UMKM yang digulirkan Pemkab Sukoharjo untuk mendorong pemulihan ekonomi hingga Oktober ini baru mencapai 15%.

Sedih! 11 Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 2 dari Jateng

Tragedi susur sungai di Ciamis menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam, di mana dua di antaranya dari Jateng.

Rombongan Suporter asal Jogja Lintasi Colomadu, Sempat Bikin Macet

Rombongan konvoi suporter asal Jogja sempat bikin macet saat melintas di Colomadu, Karanganyar, dalam perjalanan pulang dari Solo.

Tiga Jurus Jitu Naikkan Rating Akun Jualan di Shopee

Jurus jitu tingkatkan penilaian atau rangking di Shopee.

Bergaji Rp20 Juta/Bulan, Karyawan Pinjol Ilegal Rajin Cari Korban

Brigjen Helmy Santika mengatakan ketujuh karyawan pinjol ilegal selama ini mendapatkan gaji yang cukup fantastis.

Susur Sungai Bikin 11 Siswa MTS Ciamis Tenggelam Ternyata Agenda Rutin

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyebut susur sungai yang menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru sebenarnya kegiatan yang rutin digelar.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Kisah Sukarelawan Klaten, Tak Panik Saat Tahu Terpapar Covid-19

Sukarelawan BPBD Klaten justru terang-terangan memberitahukan ke beberapa orang yang telah ditemuinya bahwa dirinya sedang terpapar virus corona, sejak beberapa hari terakhir.

Selamat! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2021

Tim Indonesia berhasil memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Hal itu setelah mereka mengalahkan Malaysia di babak perempatfinal dengan skor 3-0.

Kekhawatiran Peraih Nobel Perdamaian Terkait Banjir Informasi di Medsos

Maria Ressa menyoroti algoritma yang digunakan dalam distribusi berita oleh platform-platform media sosial dan news aggregator, yang dapat menciptakan perpecahan dan mengancam perdamaian.

Deddy Corbuzier Bicara Duta Karantina, Cie Nyindir Siapa Nih?

Meski Deddy Corbuzier tidak menyebutkan nama duta karantina yang disindirnya, tapi warganet sudah mengetahuinya.

11 Jenazah Korban Susur Sungai Ditemukan, Ini Daftarnya

Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD Ciamis yang diperoleh Solopos.com, Jumat pukul 22.00 WIB, sudah ada 11 jenazah siswa yang ditemukan.