SOLOPOS.COM - Ilustrasi Imlek (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Imlek 2016 di Pati dimeriahkan dengan acara kirab yang melibatkan umat lintas agama.

Semarangpos.com, PATI – dari berbagai agama di Kabupaten Pati ikut memeriahkan kirab perayaan Imlek 2567 yang digelar oleh Klenteng Hok Tek Bio Pati, Senin (8/2/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kirab menyambut tahun baru imlek tersebut, disambut antusias ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan kirab merah putih lintas agama tersebut. Bahkan, warga sudah berdatangan pada pukul 13.00 WIB untuk menonton rombongan peserta kirab yang dimulai dari Tempat Ibadah Umat Tri Darma (TITD) Hok Tek Bio di Jalan Setia Budi dilanjutkan ke Jalan MH Thamrin-Jalan Pemuda dan berakhir di Alun-Alun Simpang Lima Pati.

Di dalam rombongan kirab tersebut, tampak grup drum band dari Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro Semarang, barongsai, liong dan samsi Laksa Dharma Juwana, drum band Madrasah Salafiyah Kajen dan Ponpes Qomaruddin dari Gresik, serta atraksi reog Ponogoro.

Rizki, salah seorang warga yang menyaksikan kirab Imlek di Pati, Senin, menganggap kirab perayaan Imlek tidak hanya milik umat tertentu saja, melainkan umat lain juga ikut menikmatinya, termasuk dirinya yang merupakan umat muslim.

“Saya menganggapnya momen ini merupakan momen budaya yang sayang jika dilewatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek Edy Siswanto mengungkapkan, perayaan imlek di Pati merupakan agenda budaya, sehingga warga lintas agama ikut memeriahkannya.

Bahkan, kata dia, puncak acara Imlek juga dimeriahkan kirab merah putih lintas agama, barongsai dari Batalyon Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro Semarang hingga drum band dari Ponpes Salafiyah Kajen serta Ponpes Qomaruddin Gresik.

Keterlibatan santri dalam kirab perayaan Imlek, juga terlihat pada kirab perayaan Imlek tahun sebelumnya. Ia berharap perayaan Tahun Baru Imlek saat ini menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan. Terkait dengan peruntungan tahun ini, dia menganggap tidak hanya atas dasar pada zodiak atau shio tertentu, karena pada dasarnya semua shio bagus.

“Mudah-mudahan tahun ini yang bertepatan dengan tahun shio monyet api akan membawa pengaruh baik untuk semua umat manusia,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, warga Tionghoa meyakini bahwa bakal ada banyak terobosan yang muncul sepanjang 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya