Tahun Baru Imlek (ilustrasi/JIBI/Bisnis)

Imlek 2016 akan dirayakan dalam waktu dekat. Klenteng Thian Pekalongan memiliki agenda khusus dalam menyambut Imlek 2016.

Solopos.com, PEKALONGAN- Klenteng Pho An Thian Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mulai menyiapkan sejumlah kegiatan dalam menyambut perayaan Tahun Baru China (Imlek) 2567.

Bagian Ritual Klenteng Pho An Thian Kota Pekalongan, Peter Go di Pekalongan, Rabu (27/1/2016), mengatakan menjelang perayaan Imlek, pihkanya telah mengadakan sejumlah kegiatan, seperti bersih-bersih, sembahyangan, dan upacara tolak balak yang diikuti oleh umat Tri Dharma.

"Adapun kegiatan tolak balak dan membersihkan sisa kotoran dari patung dewa dengan mengganti jubah dewa ini akan dilaksanakan pada 31 Janriari 2016. Selanjutnya pada malam Imlek (7/2) pukul 24.00 WIB akan diadakan sembahyangan bersama," katanya.

Menurut dia, selain kegiatan sosial, Klenteng Po An Thian juga berencana menggelar kirab delapan dewa yang akan dilaksanakan pada 21 Februari mendatang.

"Kirab delapan patung dewa ini akan kami laksanakan bertepatan dengan hari ke-15 atau yang disebut dengan 'Cap Gomeh'," katanya.

Menurut dia, delapan dewa yang akan dikirab tersebut, antara lain Dewa Pertanian, Dewi Welas Asih, Dewa Bumi, Dewa Keadilan, Dewa Perdagangan, Dewi Laut, dan Dewa Anak-anak.

Selain umat Tri Dharma, kata dia, masyarakat juga diperkenankan ikut menghadiri acara tersebut yang berlokasi di Klenteng Pho An Thian.

"Kami persilakan masyarakat bisa melihat kirab delapan dewa," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten