SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Tiga warga negara asing (WNA) yang saat ini tinggal di Pondok Pesantren Al Bahjah, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjadi sasaran pemantauan Kantor Imigrasi Klas II Blitar. Ketiga WNA itu diduga tidak memiliki dokumen keimigrasian lengkap.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Blitar, Muhammad Akram, mengatakan informasi keberadaan tiga WNA di Ponpes Al Bahjah itu diperoleh dari kepolisian saat rapat koordinasi pembentukan Tim Pengawas Orang Asing Tingkat Kecamatan di Pemkab Tulungagung, Kamis (18/10/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami masih selidiki ke sana,” kata Muhammad Akram saat dimintai konfirmasi wartawan. Ia tidak menjelaskan detil asal-usul negara ketiga WNA tersebut. Namun, jika mengacu info pihak kepolisian, lanjut Akram, ketiga WNA telah beberapa lama di Ponpes Al Bahjah.

Aparat kepolisian sempat berusaha meminta dokumen keimigrasian ke yang bersangkutan.

“Tapi mengakunya dokumen keimigrasian tertinggal di Cirebon, Jawa Barat. Ini yang masih mau kita kroscek di lapangan,” ucapnya.

Akram mengatakan ketiga WNA diberi toleransi waktu hingga empat hari untuk mengambil dan menunjukkannya pada petugas Imigrasi. Jika melebihi waktu yang diberikan tidak mampu menunjukkan, ketiganya akan langsung dideportasi ke negara asalnya.

“Akan dilihat dulu pelanggarannya. Jika bersifat administrasi, mereka akan dideportasi. Atau bisa juga projustisia jika memenuhi unsur-unsur pidananya,” ujar Akram.

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Klas II Blitar sempat melakukan tindakan deportasi terhadap WNA asal Rusia yang diketahui terlibat dalam kampanye politik salah satu kandidat di Pilkada Tulungagung.

Tak hanya dideportasi, WNA asal Rusia itu juga dicekal untuk masuk ke Indonesia hingga enam bulan ke depan dan bisa diperpanjang oleh pihak Imigrasi.

Saat ini ada sekitar 125-150 WNA yang ada di Kabupaten Tulungagung, mayoritas berasal dari Thailand dan Malaysia. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa yang belajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya