SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kupang–Sebanyak 26 imigran asal Afganistan yang akan menyebrang ke Australia terdampar di Pantai Tenyai Kelurahan Ledeunu, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lambung kapal kayu yang mereka tumpangi pecah dihantam gelombang. “Mereka terdampar, karena lambung kapal yang ditumpangi pecah. Kami curiga mereka adalah imigran gelap yang ingin ke Australia,” kata Camat Raijua, Wellem Lukas Rohi di Kupang, Jumat (4/6).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dari 26 imigran Afghanistan tersebut, menurut dia, terdapat empat perempuan dan seorang bayi laki-laki berusia  delapan bulan, sedangkan 22 lainnya laki-laki.

Dia mengatakan, setelah diinterogasi bersama aparat keamanan setempat diketahui warga Afganistan itu memiliki dokumen resmi sebagai pengungsi dari lembaga PBB yang mengurusi masalah pengungsi yakni International Organisation Migration (IOM).

“Imigran itu punya surat pengungsi dari IOM, tapi kapal yang mereka pakai tidak punya dokumen pelayaran sehingga sekarang masih ditahan,” katanya.

Para imigran Afghanistan tersebut, lajutnya, untuk sementara ditampung di pelabuhan Fery di Kelurahan Ledeunu. Sedangkan untuk konsumsi para imigran dibantu warga sekitar yang memberikan makananan bagi mereka.

“Masyarakat mengumpulkan uang untuk beli beras dan sayuran bagi para imigran itu agar bisa dimakan, karena pemerintah tidak punya dana untuk itu,” jelasnya.

Pihaknya kesulitan melakukan interogasi, karena kendala bahasa, sehingga pihaknya masih menunggu kedatangan petugas IOM dari Kupang guna menangani para imigran tersebut. “Kita masih menunggu kedatangan IOM di sana agar bisa menangani para imigran itu,” katanya.

tempointeraktif/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya