Imbauan! Warga Wonogiri yang Berkontak dengan Ustaz Jatisrono Pasien Covid-19 Segera Periksa ke Puskesmas
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo, meminta warganya yang pernah berkontak erat dengan ustaz Z asal Jatisrono untuk segera periksa ke puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Imbauan itu dikeluarkan setelah adanya tambahan enam pasien positif Covid-19 baru di Kabupaten Wonogiri. Keenam pasien baru itu ternyata memiliki kontak dengan Z. Z diketahui sebagai ustaz serta pimpinan pondok pesantren di Jatisrono.

Selain Tak Transparan Soal Bantuan, Warga Sebut Kades Wironanggan Sukoharjo Arogan

Ustaz di Wonogiri tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (5/7/2020). Setelah dilakukan tracing, terdapat sejumlah orang yang melakukan kontak erat. Kini ada enam orang yang dinyatakan positif Covid-19 dari tracing tersebut.

Langkah lain yang bisa dilakukan, menurut Jekek, yaitu warga yang pernag berkontak langsung bisa menghubungi call center gugus tugas Wonogiri. Petugas akan langsung mendata dan merespon pihak yang bersangkutan.

Bocah 5 Tahun Asal Sragen Terluka Karena Tersayat Benang Layangan Saat Bersepeda

Ia mengatakan, pasien Z mempunyai santri yang cukup banyak. Selain itu mobilitasnya cukup tinggi. Gugus tugas tidak mungkin menelusri satu-persatu. Maka dari itu, apabila ada warga yang berkontak dalam kurun waktu 10 hari yang lalu segera memerikasakan ke Puskesmas setempat.

"Kecepatan pelaporan, ketaatan dan kesadaran warga sangat dibutuhkan untuk saat ini," ujar dia.

Strategi Paslon Independen Bajo di Pilkada Solo: Sekasur Sedapur Sesumur, Apa Sih Artinya?

Sebagai bentuk pengawasan di pondok pesantren, Jekek mengintruksikan Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Jatisrono untuk terlibat langsung dalam pengawasan.

"Yang paham betul tentang kondisi, kultur serta budaya masyarakat setempat yakni Kadus, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kami meminta mereka berperan dalam menegakkan kedisiplinan warga," kata Jekek.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom