SOLOPOS.COM - Kondisi talut jalan yang amblas di perbatasan Kelurahan Ungaran dan Kelurahan Genuk. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG–Hujan deras yang mengguyur wilayah Ungaran beberapa hari lalu mengakibatkan talut jalan penghubung Kelurahan Ungaran dan Kelurahan Genuk amblas, Selasa (25/10/2022).

Penyebab amblasnya talut tersebut diduga karena luapan air hujan yang melewati lubang bekas galian pipa yang tidak tertutup dengan sempurna.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Pantauan Solopos.com di lokasi, Rabu (26/10/2022), jalan itu merupakan akses penghubung dua kelurahan dan terdapat proyek galian pipa. Namun, bekas galian tersebut tidak tertutup dengan rapat sehingga luapan air akibat hujan deras mengikis tanah dari dalam.

Akibatnya talut jalan tersebut amblas, sepanjang 10 meter dengan kedalaman lima meter.

Baca Juga: Memanas! Pilkades di Kabupaten Semarang Diwarnai Perusakan Baliho Calon

“Tadi pagi saya habis cek dengan ketua RT 004. Memang kami sudah memprediksi kalau hujan deras seperti tadi ya mengakibatkan longsor, ” kata Lurah Genuk, Imam Suesno.

Imam mengungkapkan jika tidak terdapat galian pipa tersebut maka tidak akan ada longsor. Pihaknya meminta pertanggung jawaban terhadap pihak yang menggali atas kejadian tersebut.

“Untuk galiannya itu dari Candirejo hingga Bandarjo. Jadi terdapat empat kelurahan yang kena galian tersebut mas, ” katanya.

Nantinya pihak kelurahan berkoordinasi antara Kelurahan Ungaran dan Kelurahan Genuk terkait kelanjutan peristiwa tersebut. “Jika nantinya dirasa membahayakan pengguna jalan. Maka kita akan tutup untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya