Imbas Corona, Wapres Sarankan Mudik Lebaran Diganti Silaturahmi Online
Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin (tengah) berjalan sebelum mengikuti sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (31/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir).

Solopos.com,, JAKARTA -- Wapres Ma'ruf Amin menyarankan mudik Lebaran diganti dengan silaturahmi daring atau online akibat mewabahnya corona di Tanah Air.

Hal ini bertujuan agar masyarakat mau menjaga diri dan keluarganya dari sebaran virus corona. Apalagi masa status tanggap darurat virus corona yang ditetapkan pemerintah masih berlangsung hingga 29 Mei 2020.

Helikopter Jadi Transportasi Umum di Xuaxi, Ini Potret Desa Terkaya di Dunia

Maka dari itu,  Ma'ruf  Amin meminta masyarakat untuk tidak mudik Lebaran di tengah wabah corona.

"Maka dari itu juga orang pergi mudik, menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan. Silaturahim itu baik, tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik," ujar Ma'ruf Amin dilansir Detik.com, Jumat (20/3/2020).

Kabar 2 Pesawat China ke Indonesia Bawa Alat Tes Corona, Ini Faktanya

Menurutnya, dengan dukungan teknologi yang maju, mudik bisa diganti dengan silaturahmi online melalui media sosial. "Ya, tidak hanya lewat tekno, bisa lewat medsos dan WhatsApp, IG [Instagram]. Jadi silaturahimnya jarak jauh saja. Itu anjuran saya karena itu kalau memang maksa pulang dia harus bisa pastikan aman," imbuhnya.

Ia menegaskan tidak melarang masyarakat untuk melakukan mudik. Tetapi, ketika mudik harus dipastikan keamanan diri dari virus corona.

Sudah Yakin dengan Dia? Ini Tanda-Tanda Anda Menemukan Cinta Sejati

"Kalau memang harus terpaksa mudik, pastikan bisa menjaga diri dari kemungkinan adanya potensi penularan di sana," tukasnya.

Kemenhub Batasi Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengurangi jumlah pemudik gratis pada Lebaran 2020 mendatangg. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak pemularan virus corona di Tanah Air.

"Kami akan mengurangi jumlah penumpang mudik gratis," terang Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Kamis (19/3/2020).

Ojek Online Soloraya Tetap Jalan Meski Terancam Corona, Ada Trik Jaga Kesehatan?

Dia mengaku akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenai mudik gratis pada Lebaran 2020 mendatang. Mengingat status tanggap darurat virus corona yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Sementara Hari Raya Idul Fitri 2020 jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho