Imbas Corona, Wapres Sarankan Mudik Lebaran Diganti Silaturahmi Online

Karena corona, Wakil Presiden Maruf Amin menyarankan masyarakat Indonesia untuk tidak mudik pada Lebaran 2020 dan menggantinya dengan silaturahmi online.

 Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin (tengah) berjalan sebelum mengikuti sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (31/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir).

SOLOPOS.COM - Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin (tengah) berjalan sebelum mengikuti sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (31/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Reno Esnir).

Solopos.com,, JAKARTA -- Wapres Ma'ruf Amin menyarankan mudik Lebaran diganti dengan silaturahmi daring atau online akibat mewabahnya corona di Tanah Air.

Hal ini bertujuan agar masyarakat mau menjaga diri dan keluarganya dari sebaran virus corona. Apalagi masa status tanggap darurat virus corona yang ditetapkan pemerintah masih berlangsung hingga 29 Mei 2020.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Helikopter Jadi Transportasi Umum di Xuaxi, Ini Potret Desa Terkaya di Dunia

Maka dari itu,  Ma'ruf  Amin meminta masyarakat untuk tidak mudik Lebaran di tengah wabah corona.

"Maka dari itu juga orang pergi mudik, menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan. Silaturahim itu baik, tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik," ujar Ma'ruf Amin dilansir Detik.com, Jumat (20/3/2020).

Kabar 2 Pesawat China ke Indonesia Bawa Alat Tes Corona, Ini Faktanya

Menurutnya, dengan dukungan teknologi yang maju, mudik bisa diganti dengan silaturahmi online melalui media sosial. "Ya, tidak hanya lewat tekno, bisa lewat medsos dan WhatsApp, IG [Instagram]. Jadi silaturahimnya jarak jauh saja. Itu anjuran saya karena itu kalau memang maksa pulang dia harus bisa pastikan aman," imbuhnya.

Ia menegaskan tidak melarang masyarakat untuk melakukan mudik. Tetapi, ketika mudik harus dipastikan keamanan diri dari virus corona.

Sudah Yakin dengan Dia? Ini Tanda-Tanda Anda Menemukan Cinta Sejati

"Kalau memang harus terpaksa mudik, pastikan bisa menjaga diri dari kemungkinan adanya potensi penularan di sana," tukasnya.

Kemenhub Batasi Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengurangi jumlah pemudik gratis pada Lebaran 2020 mendatangg. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dampak pemularan virus corona di Tanah Air.

"Kami akan mengurangi jumlah penumpang mudik gratis," terang Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Kamis (19/3/2020).

Ojek Online Soloraya Tetap Jalan Meski Terancam Corona, Ada Trik Jaga Kesehatan?

Dia mengaku akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenai mudik gratis pada Lebaran 2020 mendatang. Mengingat status tanggap darurat virus corona yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Sementara Hari Raya Idul Fitri 2020 jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Edarkan Sabu-sabu 4,9 Kg, Pasutri di Banjarmasin Terancam Hukuman Mati

      Pasutri berinisial Az, 29, dan VR, 28, itu terancam hukuman mati karena mengedarkan sabu-sabu seberat 4,9 kg.

      MA Tolak Kasasi Moeldoko, AHY Kukuh sebagai Ketum Partai Demokrat

      Mahkamah Agung (MA) RI menolak kasasi yang diajukan Moeldoko terkait dengan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat beberapa waktu lalu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

      Pengamat: Pencapresan Anies Baswedan Bisa Jadi Blunder bagi Nasdem

      Pencapresan Anies Baswedan bisa menjadi blunder bagi Partai Nasdem di Pemilu 2024. 

      Beberapa Jam sebelum Dicopot, Danyon Brimob Agus Waluyo Minta Maaf

      Agus Waluyo selaku Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim meminta maaf atas terjadinya tragedi sepak bola terbesar kedua di dunia tersebut.

      Tragedi Kanjuruhan: Agus Waluyo Menjabat Danyon Brimob Hanya 2,5 Bulan

      Agus Waluyo dicopot sebagai Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor Satbrimob Polda Jatim, jabatan yang baru diembannya sejak 2,5 bulan lalu.

      Bulan Ini RRI Solo akan Gelar Festival Pelajar Nusantara

      Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Solo akan menggelar Festival Pelajar Nusantara (FPN) untuk kali pertama. Kegiatan tersebut akan menampilkan potensi pelajar di Soloraya.

      Dicopot, AKBP Ferli Hidayat Baru Menjabat 9 Bulan sebagai Kapolres Malang

      AKBP Ferli Hidayat menjabat sebagai Kapolres Malang pada per 24 Januari 2022.

      Profil AKBP Ferli Hidayat, Kapolres Malang yang Kena Apes Tragedi Kanjuruhan

      Perwira Polri berusia 40 tahun yang terkena apes dalam kasus kerusuhan di Malang ini telah mendapat sejumlah tanda penghargaan sebagai polisi.

      28 Polisi Jalani Pemeriksaan Kode Etik terkait Tragedi Kanjuruhan Malang

      Selain menjalani pemeriksaan kode etik, bukan tidak mungkin puluhan polisi itu bakal dijerat pidana jika nanti ditemukan bukti kuat keterlibatan mereka.

      Airlangga Sampaikan Duka Mendalam Atas Tragedi Kanjuruhan

      Selain menyampaikan duka mendalam, Airlangga juga meminta seluruh pihak berwajib mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan tersebut.

      Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Copot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat

      Selain Kapolres Malang, Kapolri juga memerintahkan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol mencopot Komandan Batalyon (Danyon) Brimob AKBP Agus Waluyo.

      Kementerian PPPA Sebut 33 Anak Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan

      Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mencatat 33 anak meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

      Unik, Pasangan Suami Istri Ini Beli Mobil Rp168 Juta Pakai Uang Koin Rp1.000

      Pasangan suami istri warga Sungai Kambang, Kota Jambi, Agus Riyanto dan Lia, membeli satu unit mobil Toyota Calya secara tunai Rp168 juta menggunakan uang pecahan Rp1.000.

      Pimpinan DPR Papua Barat Dukung TNI/Polri Tumpas KKB

      Pimpinan DPR di Provinsi Papua Barat mendukung TNI/Polri menangkap KKB yang terus mengancam keamanan warga sipil dan menghambat pembangunan di daerah.

      Instruksi Presiden soal Tragedi Kanjuruhan, Salah Satunya Penetapan Tersangka

      Presiden Joko Widodo membentuk TGIPF untuk mengusut tragedi Kanjuruhan seusai pertandingan sepak bola Arema melawan Persebaya pada Sabtu (1/10/2022).

      Komnas HAM: Ada Indikasi Pelanggaran HAM dalam Tragedi Kanjuruhan

      Komnas HAM terjun ke Malang untuk mengusut dugaan adanya pelanggaran HAM dalam tragedi Kanjuruhan.