Imbas Corona, Presiden Jokowi Imbau Warga Kerja dari Rumah
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

Solopos.com, JAKARTA Presiden Joko Widodo mengimbau warga bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal tersebut disampaikan dalam jumpa pers kondisi terkini terkait tanggap corona di Indonesia yang digelar di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

“Saya imbau warga bekerja dari rumah saja. Saatnya kerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah dari rumah,” terang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran langsung breaking news Kompas TV.

5 ODP Corona Diisolasi di Sukoharjo

Seperti diketahui saat ini ada 96 kasus pasien positif terjangkit corona, lima di antara mereka meninggal, dan delapan lainnya sembuh. Wali Kota Solo dan Gubernur Banten telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah masing-masing.

Sampai saat ini ada empat pasien positf corona di Banten. Sementara di Solo ada tiga pasien yang dirawat, satu di antara mereka positif corona. Sementara dua lainnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) corona.

jubir covid-19 mengungkapkan teka-teki pasien ke-27 corona indonesia
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto memberi keterangan update kasus corona di Indonesia, Istana Presiden, Rabu (11/3/2020). (Bisnis - M Khadafi)

Corona di Jateng

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo menginstruksikan semua sekolah di Jawa Tengah diliburkan selama dua pekan ke depan. Masyarakat juga diimbau menghindari kerumunan dan bepergian ke luar daerah yang tidak diperlukan.

Kebijakan tersebut diambil sebagai langkah pencegahan dan pengendalian penularan wabah penyakit corona alias Covid-19 di Indonesia.

Makin Taat Beribadah, Makin Beradab

Apalagi jumlah pasien positif corona di Indonesia sempat melonjak 100 persen pada Jumat (13/3/2020). Jumlah kematian akibat virus corona juga meningkat.

Sejauh ini ada delapan wilayah terdampak virus corona di Indonesia, yakni Jakarta, Tangerang (Banten), Bandung (Jawa Barat), Solo (Jawa Tengah), Jogja (DIY), Bali, Manado (Sulawesi Utara), dan Pontianak (Kalimantan Barat).

Sampai saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan terus melakukan penelusuran kontak atau contact tracing. Meski demikian, masyarakat diimbau tidak panik berlebihan menghadapi wabah virus ini.

Cara Membersihkan Smartphone Agar Tak Jadi Sarang Virus Corona

Corona Bisa Sembuh Sendiri

Sebagai informasi, penyakit Covid-19 yang disebabkan virus corona atau SARS-CoV-2 bersifat self-limiting disease atau bisa sembuh sendiri. Pasien terjangkit bisa sembuh dengan catatan sistem imunitas tubuhnya baik.

Sementara beberapa pasien positif tidak bisa sembuh hingga akhirnya meninggal bukan semata-mata disebabkan virus corona. Tetapi biasanya mereka memiliki penyakit penyerta yang juga berdampak pada kekebatan tubuh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho