SOLOPOS.COM - medeshi.com

Durban – Korea Selatan akhirnya memastikan maju ke babak 16 besar setelah bermain imbang 2-2 dengan Nigeria. Hasil itu membuat Korsel menjadi runner up Grup B.

Hasil imbang atas Nigeria tersebut membuat Korsel finis di posisi kedua grup B dengan empat poin. Sedangkan Argentina menjadi juara grup setelah menang 2-0 dari Yunani.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Pertandingan sangat ketat terjadi di Moses Mabhida Stadium, Rabu (23/6) dinihari WIB. Nigeria memimpin lebih dulu lewat gol Kalu Uche di menit ke-12.

Korsel menyamakan kedudukan di menit ke-38 lewat gol Jung-Soo Lee lewat sundulannya. Di awal babak kedua, Korsel balik memimpin lewat tendangan bebas Park Chu-Young.

Nigeria sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dari titik penalti oleh gol Yakubu Aiyegbeni. Namun hasil imbang tersebut sudah cukup bagi Korsel ke fase knock out.

Jalannya pertandingan

Korsel langsung mengancam di awal pertandingan. Namun sepakan kaki kanan Lee Chung-yong masih kurang sempurna dan masih berada di samping gawang Nigeria di menit ke-3.

Bahkan Chung-yong sempat mendapat perawatan karena menendang umpan Yeom Ki-hun kurang sempurna. Ancaman terus dilakukan oleh Korsel tapi tembakan Ki Sung-yong masih melenceng.

Namun Nigeria yang berhasil unggul lebih dulu. Pada menit ke-12 Uche berhasil meneruskan umpan crossing Chidi Odiah dengan kaki kanannya ke gawang Korsel.

Tertinggal 0-1 membuat Korsel mencoba menekan. Namun belum ada serangan yang membahayakan gawang Nigeria yang kawal oleh kiper Vincent Enyeama.

Usaha Uche di menit ke-21 lewat tendangan bebasnya masih melmabung di atas gawang Korsel. Sedangkan ancaman Korsel lewat Park Chu Yongs dengan mudah diamankan oleh Enyeama.

Pada menit ke-30, Nigeria mengancam. Chinedu Obasi melepaskan tendangannya ke arah gawang namun masih dapat digagalkan kiper Jung Sung-ryong.

Enam menit kemudian peluang Nigeria gagal menghasilkan gol setelah tendangan Uche mengenai tiang gawang. Namun dua menit kemudian Korsel berhasil menyamakan.

Gol Korsel tersebut dicetak oleh Jung-Soo Lee setelah menyambut tendangan bebas Ki Sung-Yeung. Meski disambut dengan sundulan namun bola sempat kakinya dan masuk.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Nigeria dan Korsel sama sama mencoba menekan. Namun Korsel yang berhasil unggul dan balik memimpin 2-1.

Pada menit ke-49, tendangan bebas Park Chu-Young mendarat mulus di dalam gawang Nigeria. Sedangkan kiper Vincent Enyeama tak mampu menjangkau bola tersebut.

Setelah beberapa kali serangan berbahaya dari kedua tim Nigeria mendapat keuntungan. Wasit memberikan hadiah penalti setelah Kim Nam-Il menjatuhkan Ogbuke di kotak terlarang.

Yakubu sebagai eksekutor pun tak membuang kesempatan ini dan melakukan tugasnya dengan baik. Gol itu membuat kedudukan menjadi 2-2 dan Nigeria terus mencaba membuka peluang.

Nigeria terus menekan hingga menit menit terakhir. Pada menit ke-89 sebuah tendangan keras Obinna dari luar kotak penalti hanya melenceng tipis di samping gawang Korsel.

Wasit pun meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Para pemain dan pendukung Korsel pun bersorak karena tim Asia ini memastikan maju ke babak 16 besar dan akan menghadapi juara grup A Uruguay.

Tim :

Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 17-Chidi Odiah, 6-Danny Shittu, 2-Joseph Yobo (21-Elderson Echiejile 46), 5-Rabiu Afolabi, 12-Kalu Uche, 20-Dickson Etuhu, 13-Yusuf Ayila, 8-Yakubu Aiyegbeni (18-Victor Obinna 70), 19-Chinedu Obasi, 4-Nwankwo Kanu (9-Obafemi Martins 57).

Korea Selatan: 18-Jung Sung-ryong; 22-Cha Du-ri, 12-Lee Young-pyo, 4-Cho Yong-hyung, 14-Lee Jung-soo, 8-Kim Jung-woo, 16-Ki Sung-yong (13-Kim Jae-sung 87), 7-Park Ji-sung, 17-Lee Chung-yong, 10-Park Chu-young (15-Kim Dong-jin 90+3), 19-Yeom Ki-hun (5-Kim Nam-il 64).

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya