SOLOPOS.COM - Planet kembaran bumi (News.com.au)

Solopos.com, SOLO– Kabar baik, astronom temukan planet mirip dengan bumi. Namun kabar buruknya planet tak bersahabat dengan manusia dikarenakan suhunya yang panas.

Seperti dilansir news.com.au, Kamis (31/10/2013) planet yang diberi nama Keppler 78b itu tampak seperti sebuah bintang. Keppler 78b memiliki orbit sekitar 8,5 jam yang mengitari lebih dekat dengan matahari dengan suhu sekitar 2000 derajat lebih panas dari bumi. Merupakan suhu yang hampir sama dengan permukaan matahari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Permukaan Planet ini terdiri dari besi dan batu yang meleleh, atmosfernyapun hampir tak ada.

Ekspedisi Mudik 2024

Astronom Drake Deming dari Universitas of Maryland, Amerika Serikat mengatakan,“Bagi saya ini berarti bahwa planet seperti Bumi tidak semuanya bersifat biasa ,” ujarnya

Planet itu sendiri ditemukan pada musim semi lalu oleh sekelompok astronom dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari teleskop antariksa yang langsung diverfikasi oleh tim independen.

Mereka kemudian menggunakan teleskop untuk menghitung medan gravitasi dalam planet tersebut untuk menentukan berapa banyak batu dan besi di dalamnya.

Keppler 78b bersuhu sangat panas dan tidak mempunyai atmosfer sehingga planet ini dicoret dari anggapan planet yang layak huni namun,  ilmuan tetap akan melanjutkan  pencarian untuk mencari planet seukuran bumi yang layak huni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya