SOLOPOS.COM - Planet Mars (Nasa.gov)

Planet Mars kabarnya akan memiliki bentuk menyerupai Saturnus.

Solopos.com, WASHINGTON — Planet Mars yang menjadi target penelitian para ilmuwan dikabarkan akan memiliki cincin persis Saturnus. Kesimpulan ini didapat melalui hasi penelitian tentang Phobos, bulan milik Mars yang bakal hancur pada masa yang akan datang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Technobuffalo, Sabtu (25/3/2017), cincin Mars dipercaya pernah muncul sekira 4 miliar tahun lalu. Peneliti juga yakin bahwa dahulu, sekira 4,3 miliar tahun lalu, muncul asteroid atau bodi planet lain yang menghantam ke dalam Mars. Sehingga, mengirimkan puing-puing ke luar angkasa.

Puing-puing itu kemudian membentuk cincin planet serta Bulan. Ilmuwan meyakini, saat cincin terbentuk, puing-puing perlahan terkumpul menjadi Bulan. Pada waktunya puing-puing itu akan terlepas atau hancur berkeping-keping, sehingga memunculkan cincin planet kembali.

Salah satu Bulan milik Mars yang terkenal, Phobos dipercaya akan hancur saat mencapai batas masanya. Badan antariksa Amerika Serikat, NASA mengatakan, dalam waktu 70 juta tahun maka cincin planet ini akan terbentuk di Mars.

NASA juga menjelaskan, setiap kali Bulan mengalami kehancuran, maka Bulan penerusnya akan berukuran lima kali lipat lebih kecil. Puing-puing juga akan jatuh ke Mars.

Dengan demikian, tampaknya menarik untuk meneliti sedimen misterius yang ditemukan dekat ekuator Mars. Studi serupa juga pernah dirilis pada 2015, di mana peneliti mengklaim Phobos yang hancur akan membentuk cincin di sekitar Mars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya