SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON – Dalam makalah yang baru diterbitkan, salah satu astrofisikawan ternama di dunia mengklaim bahwa kita akan menemukan jejak kehidupan alien dalam 20 tahun mendatang. Dr David L Clements dari Imperial University mengatakan bahwa mendeteksi tanda-tanda kehidupan di tempat lain telah sangat menantang secara teknis sehingga tampak mustahil, hingga baru-baru ini.

“Namun, wawasan pengamatan baru dan perkembangan lainnya berarti bahwa tanda-tanda kehidupan di tempat lain mungkin secara realistis terungkap dalam satu atau dua dekade berikutnya,” lanjutnya seperti dilansir Metro.co.uk dikutip Suara.com, Sabtu (23/11/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam studinya, Dr Clements membahas Fermi Paradox, yang merupakan kontradiksi antara kemungkinan tinggi kehidupan yang ada di alam semesta dan fakta yang belum berhasil kami deteksi. Secara teoritis, peradaban angkasa-faring harus dapat mengunjungi setiap bintang di galaksi dalam skala waktu antara 50 dan 100 juta tahun, bahkan jika mereka melakukan perjalanan dengan kecepatan yang lebih lambat daripada kecepatan cahaya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Alien seharusnya sudah ada di sini, namun mereka tidak,” tambah Dr Clements.

Ini dapat digunakan sebagai argumen melawan keberadaan makhluk luar angkasa yang cerdas, tetapi keberadaan kita sendiri adalah bukti bahwa kehidupan cerdas dapat dan memang muncul di Galaksi. “Ini teka-teki sentral dari Fermi Paradox,” katanya.

Makalahnya terus menunjukkan bahwa kehidupan mungkin ditemukan di lautan yang terkunci di bawah permukaan bulan atau planet yang membeku – yang dapat memiliki implikasi besar bagi perkembangan peradaban. Di tata surya kita sendiri, salah satu rumah yang paling mungkin untuk kehidupan asing adalah Europa, bulan Jupiter yang diyakini menyembunyikan tubuh raksasa air di bawah kerak esnya.

Kita dibiarkan dengan prospek yang agak dingin bahwa galaksi dapat diisi dengan kehidupan, tetapi bahwa setiap kecerdasan di dalamnya terkunci di bawah penghalang es yang tak dapat ditembus, tidak dapat berkomunikasi dengan, atau bahkan memahami keberadaan, alam semesta di luar kertas dilanjutkan.

“Kami tahu bahwa spesies yang hidup di air dapat berevolusi ke tingkat kecerdasan yang tinggi. Lumba-lumba dan gurita adalah contoh yang baik. Namun, lingkungan cair mungkin menjadi faktor pembatas dalam perkembangan teknologi,” sia menjelaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya