SOLOPOS.COM - Chip pengendali kecoak (Phys.org)

Chip pengendali kecoak (Phys.org)

JOGJA—Peneliti North Carolina State University tengah mengembangkan alat pengendali kecoak. Perangkat elektronik tersebut dipasang di atas tubuh kecoak dan dikendalikan melalui remote control.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tujuan kami adalah mencari kemungkinan penggunaan perangkat biologis wireless pada kecoak untuk menjangkau area sulit,” ujar Alper Bozkurt, asisten professor Jurusan Teknik Elektronika North Carolina State University seperti dilansir Phys.org, Jumat (7/9).

Ekspedisi Mudik 2024

Alper menambahkan, keberhasilan penelitian itu diharapkan dapat membantu proses pencarian korban bencana di tempat yang sulit dijangkau manusia.

Peneliti kini tengah mempelajari kemampuan fungsi sensor untuk mengendalikan kecoak ke arah yang tepat. Peneliti menggunakan chip kusus dengan kemampuan transmisi nirkabel pada kecoak berukuran besar (jenis Madagascar). Perangkat seberat 0,7 gram itu dilengkapi microcontroller untuk memantau kondisi kecoak demi menghindari kerusakan jaringan. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya