SOLOPOS.COM - Monumen Pers Nasional Solo. (Istimewa/mpn.kominfo.go)

Solopos.com, SOLO —Monumen Pers menggelar Talkshow bertema Masa Depan Pers Nasional Menghadapi Disrupsi Digital pada Rabu (31/1/2023) pukul 09.30 WIB – 11.30 WIB di Monumen Pers Nasional Solo.

Talkshow tersebut merupakan serangkaian acara untuk menyambut Hari Pers Nasional yang diperingati pada Kamis (9/2/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Panitia penyelenggara HPN, Arnain Dian, menjelaskan tema yang diangkat dalam talkshow tersebut berangkat dari disrupsi teknologi yang terus bergulir cepat memasuki berbagai bidang termasuk dunia jurnalisme.

“Berbagai dampak disrupsi teknologi digital tersebut menghadirkan tantangan tersendiri bagi para insan jurnalis dan industri media itu sendiri,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (31/1/2023).

Misalnya adanya perubahan lansekap yang semakin variatif, perubahan model bisnis media, perubahan norma, etika maupun cara kerja jurnalis dalam melaksanakan peliputan berita.

Selain itu, informasi yang terus membanjir dari media sosial di era serba digital ini membuat media massa tidak lagi menjadi satu-satunya sumber informasi.

“Apakah ini bakal menjadi senjakala media massa atau justru menjadi peluang emas bagi media massa,” tanya dia.

Dari hal itu, Monumen Pers menggelar Talkshow Hari Pers Nasional 2023 bertema Masa Depan Pers Nasional Menghadapi Disrupsi Digital. Talkshow ini mengundang sejumlah keynote speaker, di antaranya dari Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong akan memberikan pandangannya tentang proyeksi masa depan pers nasional di era digital.

Kemudian Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka akan memberikan harapan seputar pers dan media massa di era sekarang.

Sejumlah narasumber juga akan menyampaikan pandangannya meliputi Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul tentang tantangan dan peluang wartawan atau insan pers di era disrupsi digital.

Kemudian, Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi soal tantangan dan peluang perusahaan pers di era disrupsi digital. Serta Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo tentang peran Monumen Pers dalam ekosistem pers di Soloraya dan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya