Ikuti Sepeda Sehat, Warga Desa Cangkol Sukoharjo Bawa Pulang Mobil
Seorang anak mengambil kupon undiah hadiah grandprize satu unit mobil saat acara sepeda dan senam sehat Luwak White Koffie di Alun-alun Satya Negara, Minggu (23/12/2018). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Narwanto, warga Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, membawa pulang hadiah utama atau grandprize berupa satu unit mobil Suzuki Karimun Wagon saat mengikuti acara sepeda dan senam sehat di Alun-alun Satya Negara, Minggu (23/12/2018).

Acara itu digelar Pemkab Sukoharjo dengan menggandeng Luwak White Koffie untuk menyambut Tahun Baru 2019. Acara sepeda santai dan senam diikuti sekitar 9.000 peserta.

Mayoritas peserta berasal dari Soloraya seperti Kota Solo, Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo. Namun, tak sedikit peserta yang berasal dari luar Soloraya seperti Jogja, Kebumen, bahkan Cilacap. Mereka rela menempuh perjalanan jauh demi mengikuti acara itu.

Para peserta sepeda santai dilepas secara simbolis di garis start oleh Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi, sekitar pukul 06.30 WIB. Mereka mulai mengayuh sepeda melintasi rute yang ditentukan panitia pelaksana (panpel) yakni start Alun-Alun Satya Negara lewat Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo lalu ke Simpang Tiga depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo dan Pasar Cuplik lantas kembali ke Alun-alun.

Panjang rute gowes yang diikuti peserta sekitar enam kilometer. Ketua Panitia Sepeda Sehat Luwak White Koffie dari Leburan Organizer, Wahyu Sony, mengatakan event gowes digelar setiap tahun untuk membudayakan hidup sehat dengan bersepeda.

Kali ini, para peserta tak hanya bersepeda santai melewati areal persawahan dan jalan perkampungan. Mereka juga bisa mengikuti senam sehat selama sekitar 30 menit.

“Kombinasi antara sepeda sehat dan senam sehat. Jadi tak melulu gowes namun juga menggerakkan tubuh saat senam,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Masyarakat antusias mengikuti event itu. Bahkan, mereka rela menunggu proses pengundian kupon hadiah hingga pukul 11.00 WIB.

Hadiah yang disiapkan panitia beraneka ragam mulai dari perabotan rumah tangga seperti setrika, mesin cuci, dan kulkas. Hadiah lainnya berupa sepeda gunung dan sepeda motor.

Sementara grandprize event itu berupa satu unit mobil Suzuki Karimun Wagon. “Pak Bupati [Wardoyo Wijaya] mengapresiasi kegiatan ini dengan menyumbang satu tiket umrah untuk peserta,” ujar dia.

Pemenang grandprize mobil, Narwanto, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Dia berlari kecil menuju panggung saat namanya disebut berulang kali oleh pembawa acara.

Narwanto tak menyangka bakal membawa pulang mobil saat mengikuti acara gowes itu. Sejatinya, panitia telah dua kali mengundi hadiah grandprize namun batal lantaran calon pemenang tak berada di lokasi.

“Saya kaget, tak menyangka sama sekali. Ini hadiah dari Allah SWT,” kata dia.



Avatar
Editor:
Suharsih


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom