SOLOPOS.COM - Surat pemberitahuan perpanjang masa libur lebaran oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Disdik Kabupaten Bogor)

Solopos.com, BANDUNG — Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Banten mengundurkan jadwal masuk sekolah dari tanggal 9 Mei ke 12 Mei 2022.

Pengunduran jadwal masuk sekolah itu untuk mengurai kemacetan di sepanjang jalur arus balik Lebaran di wilayah Jawa.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengemukakan, untuk mengurai arus balik Lebaran 2022 pemerintah provinsi setempat melalui dinas pendidikan menetapkan perpanjangan libur Lebaran bagi pelajar selama tiga hari.

Dengan demikian, kata Wagub Jabar itu, maka pelajar SMA, SMK, dan SLB di Jabar mulai masuk sekolah pada 12 Mei 2022.

“Pemda Provinsi Jabar mengeluarkan kebijakan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi kemacetan. Pak Gubernur memberikan kebijakan masuk sekolah pada hari Kamis (tanggal 12 Mei 2022),” ungkap Uu seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Nggak Berubah Lur Siswa di Sukoharjo Masuk Sekolah 9 Mei 2022

Oleh karena itu, Uu meminta para Bupati/Wali Kota di Jabar untuk memperhatikan kebijakan tersebut.

Ia menyarankan penundaan jadwal masuk sekolah tersebut juga dapat diikuti tingkatan sekolah lainnya mulai dari SD hingga SMP.

“Sehingga keluarga yang masih di kampung halaman supaya tidak bingung. Kami yakin para keluarga tak hanya anak SMA, tapi ada pula SD supaya antara anak SD, SMP, semuanya seragam masuk pada hari Kamis,” ujarnya.

Penundaan jadwal masuk sekolah juga diterapkan oleh dua provinsi lainnya di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Banten.

Baca Juga: Libur Lebaran Tak Diperpanjang, Siswa di Solo Tetap Masuk Sekolah 9 Mei

Keputusan diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik, maka kesepakatan penundaan jadwal masuk sekolah juga dilakukan menindaklanjuti arahan dari Presiden RI, sehingga diambil keputusan bahwa jadwal kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022.

Dengan demikian para siswa dan tenaga kependidikan di Jabar dapat lebih santai dan tidak melakukan perjalanan di puncak arus balik, karena diprediksi puncak arus balik akan terjadi antara tanggal 6-8 Mei 2022.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan pelajar di seluruh satuan pendidikan di wilayah Jakarta mulai mengikuti proses belajar mengajar pada Kamis (12/5/2022) mendatang seusai liburan lebaran.

Baca Juga: Jadwal One Way Tol Cikampek Hari Ini

“Hal itu didasari dari kalender pendidikan yang sudah ditetapkan di awal tahun pelajaran, jadi tidak ada perubahan,” kata Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan kalender pendidikan itu, Dinas Pendidikan menerbitkan surat terkait kegiatan akhir semester genap tahun pelajaran 2021/2022 pada 20 Januari 2022.

Dalam surat dengan Nomor 13504/1.851 yang ditandatangani Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan DKI, Agus Ramdani itu disebutkan pada poin enam yakni libur Idul Fitri 1443 Hijriah yakni pada 29 April hingga 11 Mei 2022.

“Tidak ada kemunduran atau kemajuan, memang sudah ditetapkan tanggal segitu, dari awal 29 April-11 Mei,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya