SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar Juliyatmono terlihat santai mengobrol dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menghadiri upacara peringatan HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar pada Jumat (18/11/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membagi-bagikan set top box (STB) gratis, giliran Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melakukan hal yang sama.

Bupati akan membagikan STB cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan. Dana pengadaan STB tersebut diambilkan dari kocek pribadi Bupati yang prihatin banyak warganya  tak bisa menonton TV lagi semenjak siaran analog dihentikan. Kini pemerintah hanya membolehkan siaran TV digital.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya akan bagikan secara pribadi STB ke masyarakat yang benar-benar tidak bisa beli,” katanya kepada Solopos.com, Rabu (7/12/2022).

Menurut Bupati, banyak masyarakat kecil terutama yang masih menggunakan TV tabung tak bisa lagi menikmati siaran televisi. Mereka harus membeli STB agar mampu menangkap siaran televisi digital. Sementara kini terjadi kelangkaan STB di pasaran. Kalaupun ada, lanjut Bupati, harganya mencekik.

“Paling murah Rp300.000. Ini kan kasihan masyarakat kecil yang tidak bisa beli,” katanya.

Baca Juga: Set Top Box Rawan Meledak? Kemkominfo: Jangan Percaya!

Bupati pun akhirnya memanfaatkan di setiap kegiatannya membagikan STB secara gratis kepada masyarakat yang sangat membutuhkannya. “Ya bagi satu dua STB-lah ke masyarakat (setiap kegiatan),” tuturnya.

Saat ini, Bupati tengah memesan STB untuk dibagikan ke masyarakat. Namun dia enggan menyebutkan berapa jumlah STB yang tengah dipesan tersebut. Ia menyoroti kebijakan pemerintah pusat menghentikan siaran analog dan mengganti dengan siaran digital tanpa memberikan STB ke seluruh masyarakat. STB yang dibagikan terbatas sehingga masih banyak masyarakat belum memiliki STB tersebut.

“Harusnya menjadi kebijakan pemerintah pusat membagikan STB gratis. Karena ini kebijakan pusat. Kalau anggaran daerah tidak ada anggarannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya