Ikuti Gerak Cepat Gibran, Wawali Solo Teguh Prakosa Enggak Kewalahan?
Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa (tengah), meninjau proses screening vaksinasi Covid-19 untuk pedagang di pelataran Pasar Klewer sisi timur, Solo, Minggu (28/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Wakil Wali Kota atau Wawali Solo Teguh Prakosa setia mendampingi Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dalam gerak cepatnya keliling berbagai tempat sejak pelantikan pada Jumat (26/2/2021).

Beberapa saat setelah pelantikan, Jumat, Gibran bersama Teguh langsung mengunjungi sejumlah tempat mulai dari Pasar Gede, Pasar Klewer, kemudian Pasar Legi, Simpang Joglo, dan lain-lain.

Kemudian pada hari keempat menjabat sekaligus hari pertama ngantor di Balai Kota, Senin (1/3/2021), Gibran melanjutkan blusukan ke beberapa tempat.

Baca Juga: Dari Pembangunan Disneyland Hingga Sriwedari Solo, Gibran Diserang Serangkaian Hoaks

Pada Senin itu, mereka meninjau pelaksanaan vaksinasi warga lansia dan pedagang pasar. Kemudian mengunjungi lahan hak pakai (HP) 001 Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, yang sudah rata dengan tanah.

Wawali Teguh yang ditemui wartawan di RSUD Bung Karno Solo mengaku tak merasa kewalahan mengikuti langkah Gibran yang cepat. Mobilitas tinggi justru menjadi tantangan guna meningkatkan pelayanan publik dengan mendengar langsung suara rakyat.

Baca Juga: Testing PCR Solo Tertinggi Se-Jawa Tengah, Penambahan Jumlah Kasus Melambat

Lebih Sibuk

Teguh juga mengakui menjadi pucuk pimpinan eksekutif lebih sibuk dibanding saat menjadi legislator. “Di dewan [DPRD] itu belum tentu sepekan sekali turun ke lapangan. Kalau di pemerintahan bisa sewaktu-waktu karena ada kerja-kerja teknis yang harus diawasi setiap hari,” katanya.

Seperti diketahui, sebelum menjadi wakil wali kota, Teguh Prakosa yang kini berusia 62 tahun cukup lama menjadi anggota DPRD Kota Solo, tepatnya sejak periode 2009-2014. Kemudian lanjut 2014-2019.

Baca Juga: Tinggalkan Istri Dan 2 Anak, Sekdes Serenan Klaten Yang Bunuh Diri Dimakamkan Malam Ini

Pada Pemilu 2019, Teguh terpilih kembali menjadi anggota DPRD Solo dari PDIP. Namun ia mengundurkan diri karena mendapat rekomendasi dari PDIP untuk menjadi calon wawali mendampingi Gibran pada Pilkada Solo 2020.

Pada Pilkada tersebut, Gibran-Teguh mengungguli lawan mereka yang maju dari jalur independen yakni Bagyo Wahyono dan FX Supardjo alias Bajo. Pasangan independen ini diusung organisasi kemasyarakatan Tikus Pithi Hanata Baris.



Berita Terkini Lainnya








Kolom