Kategori: Solo

Ikuti 70 Lomba, Prestasi Mahasiswa UNS Solo Ini Pantas Ditiru


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO -- Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang meraih prestasi bagi siapa pun yang jeli melihat peluang dan mau berusaha. Hal ini dibuktikan Alif Solihin, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Selama masa pandemi Covid-19, mahasiswa UNS semester X ini meraih lima posisi teratas kejuaraan tingkat internasional dan puluhan lainnya di tingkat nasional dalam bidang desain, ilustrasi, hingga lukisan.

Prestasi ini ia raih dari sekitar 70 lomba yang diselenggarakan berbagai lembaga dalam kurun waktu April-Desember 2020. “Ada sekitar 70 lomba yang saya ikuti sejak April-Desember 2020 baik tingkat nasional maupun internasional. Alhamdulilah dapat lima juara lomba internasional. Lomba internasional yang saya ikuti ini dua diselenggarakan Indonesia dan dua diselenggarakan Malaysia. Kemudian satu diselenggarakan dua negara, China-Korea Selatan,” ujar mahasiswa FKIP ini saat ditemui di Rektorat UNS, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Alasan Dibangun Rel Layang di Simpang Joglo: Ongkosnya Lebih Murah

Berkat prestasi-prestasinya itu, ia sudah mengantongi hadiah uang hingga sekitar Rp80 juta. Angka ini belum termasuk hadiah dari kemenangannya dalam lomba yang diselenggarakan China-Korea Selatan. “[Uang hadiah] semuanya ya kira-kira Rp80 juta. Untuk hadiah lomba di China-Korea Selatan belum masuk karena memang baru saja selesai,” imbuh mahasiswa UNS Bidik Misi ini.

Hingga sekarang mahasiswa UNS yang juga alumni SMAN 1 Sukoharjo tersebut masih ingin mengikuti lomba-lomba lainnya. Agar salah satu cita-citanya yakni memberangkatkan orang tuanya beribadah umroh tercapai.

Pendidikan SII

Sementara itu, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, prestasi mahasiswa FKIP Solihin tersebut patut diapresiasi. Sehingga Rektor langsung memberikan penawaran beasiswa penuh pendidikan SII di UNS.

“Begitu saya dapat kabar tentang Mas Solihin ini, langsung saya kontak dia untuk ketemu saya dan ngobrol-ngobrol tentang prestasinya ini. Ini membanggakan dan bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi. Untuk Mas Solihin ini kalau sudah lulus SI dan mau lanjut ke SII di UNS silakan. Gratis sampai lulus,” ujar Jamal yang saat itu juga menyerahkan uang penghargaan dari pribadinya kepada Solihin.

Baca juga: Pakar UNS Solo: Jateng di Rumah Saja Shock Therapy

Sementara itu, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto mengatakan selain Solihin ada mahasiswa UNS lainnya yang berprestasi dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional. Ia pun menggagas wadah bagi para mahasiswa tersebut agar mampu menggerakkan mahasiswa lainnya untuk lebih maju dan berprestasi.

“Mungkin mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi ini perlu dikumpulkan dalam wadah misalnya UKM [Unit Kegiatan Mahasiswa] Inovasi Mahasiswa. Sehingga mereka ini bisa menjadi penggerak mahasiswa lain supaya lebih maju,” ujarnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi