Ikut Ronda di Kerten Solo, Gibran Pukul Kentungan Keliling Kampung
Gibran Rakabuming Raka saat menemani warga ronda keliling kampung di wilayah RW XI Kelurahan Kerten, Laweyan, Solo, Jumat (15/5/2020) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, ikut dalam kegiatan ronda yang dilakukan warga di Kelurahan Kerten, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (15/5/2020) malam.

Gibran bertandang ke Pos Ronda RW 011 Kerten mengenakan kaus putih gambar ayam jago, celana jin hitam, dan sandal jepit. Kedatangan Gibran disambut beberapa warga yang sedang ronda malam itu.

Setelah berbincang ringan, Gibran pun ikut menemani warga ronda keliling. Dia tampak tidak canggung memukul kentungan bambu yang dibawa.

Selama berkeliling kampung, warga berjalan dengan menjaga jarak satu meter dengan warga lainnya. Mereka tidak lupa mengenakan masker sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai persebaran virus corona.

“Siskampling adalah metode gotong royong yang sangat ampuh untuk saling menjaga antar tetangga. Tapi pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” seru dia.

Duh, Perempuan 20 Tahun Asal Karanganom Klaten Positif Covid-19

Aksi serupa dilakukan Gibran Rakabuming Kamis (14/5/2020) malam. Dia berjalan kaki dari kediamannya di Jl. Pleret, Sumber menuju Pos Ronda Rukun Warga (RW) 007 Sumber pukul 22.15 WIB untuk menyerahkan beberapa bantuan.

Kedatangan Gibran sontak membuat warga yang sedang ronda  kaget. Tak mau membuat warga bersikap kaku, Gibran pun duduk lesehan bersama mereka. Alhasil perbincangan mengalir seputar sistem ronda dan keamanan kampung dengan tetap meneraapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona.

Seusai berbincang, Gibran menyerahkan bantuan berupa peralatan ronda, kepada perwakilan masyarakat. Bantuan tersebut diberikan warga RT 001 hingga RT 008 di wilayah RW 007 Sumber.

“Bantuan yang sedikit ini semoga dapat bermanfaat untuk menemani kegiatan ronda bapak-bapak semua,” ujar pemilik brand Goola dan Gaaram itu.

Update Kasus Covid-19 Indonesia 16 Mei: Positif Tembus 17.025, Sembuh 3.911, Meninggal 1.089

Sumbang HT

Bantuan yang diberikan Gibran berpa Handy Talky (HT) radio, satu pak masker non medis, permen kopi, kopi, gula pasir, senter LED, mi instan dan beberapa snack. Logistik itu untuk mendukung kegiatan ronda warga pada malam hari.

Belakangan ronda warga sangat aktif lantar beredar kabar meningkatnya tindak kriminalitas di berbagai wilayah. Tapi Gibran berharap ronda yang dilakukan tetap memperhatikan protokol kesehatan agar tak terpapar Covid-19.

“Tetap terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak. Seusai ronda cuci tangan memakai sabun dan air mengalir sebelum beristirahat. Mari kita tetap menjaga diri dari berbagai virus,” ajak Gibran.

Kasus Positif Covid-19 Boyolali Tambah 4, 2 Istri Pasien Klaster Gowa

Bapak dari dua orang anak itu berharap ronda dilakukan dengan saling berkoordinasi antar wilayah RT. Untuk itu dia memberi bantuan seperangkat HT untuk memudahkan komunikasi tim ronda di wilayah RW 007 tempat tinggalnya.

Selain berbagai peranti ronda, Gibran juga memberikan bantuan untuk membangun portal di kampung setempat. “Terima kasih Mas Gibran. Apa yang diberikan ini sangat mendukung kegiatan warga,” ujar Ari, Ketua RW 007 Sumber.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho