SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendakian gunung (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

pendakian Gunung Semeru

Ilustrasi pendakian gunung (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Ikon wisata Magelang bakal bertambah. Pemkot Magelang terus berupaya mengembangkan Gunung Tidar sebagai objek wisata unggulan baru untuk menarik wisatawan 

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG—Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, mengembangkan secara bertahap berbagai program pembangunan untuk mewujudkan Gunung Tidar sebagai objek wisata unggulan daerah setempat.

“Pemkot meng-update, meng-upload dan mengaktualisasi Gunung Tidar untuk mewujudkan destinasi wisata unggulan kota ini,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Pemkot Magelang Hartoko seperti dikutip Antara, Selasa (25/2/2015).

Ia mengatakan hal itu saat menghadiri jumpa pers terkait dengan kegiatan bertajuk Arus Sungai Sastra Magelang pada 28 Februari-1 Maret 2015 yang dipusatkan di puncak Gunung Tidar.

Gunung Tidar berada di tengah-tengah Kota Magelang yang meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan. Selain menjadi salah satu tempat untuk pendidikan taruna Akademi Militer, Gunung Tidar juga menjadi tujuan masyarakat dari berbagai daerah berziarah, terutama pada hari-hari tertentu.

Setiap tahun baru dalam kalender Jawa, Sura, Gunung Tidar juga menjadi tujuan pengunjung untuk berziarah, sedangkan setiap 17 Agustus menjadi tempat upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Di bagian gunung tersebut terdapat petilasan tokoh Magelang pada masa lampau, yakni Syekh Subakir dan Kiai Sepanjang, sedangkan di pelataran puncaknya terdapat tugu dengan tulisan huruf Jawa “S”  (Sa) dan makam yang dikenal sebagai petilasan Ismoyo atau Semar dengan atap bangunan berbentuk kerucut.

Ia mengemukakan pentingnya informasi menyangkut objek wisata Gunung Tidar disebarluaskan kepada masyarakat luas agar tingkat kunjungan ke tempat itu semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya