IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

 


Penyerahan bantuan alat kepada IKM oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni disaksikan anggota DPR RI dari PDIP Evita Nursanty dan Kepala Disperindag Grobogan, Pradana Setyawan di pendopo Kabupaten Grobogan, Sabtu (18/9/2021). (Solopos.com/Arif Fajar S).

SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan alat kepada IKM oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni disaksikan anggota DPR RI dari PDIP Evita Nursanty dan Kepala Disperindag Grobogan, Pradana Setyawan di pendopo Kabupaten Grobogan, Sabtu (18/9/2021). (Solopos.com/Arif Fajar S).

Solopos.com, PURWODADI – Upaya meningkatkan daya saing pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Grobogan terus dilakukan, bahkan mendapat perhatian dari anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Evita Nursanty.

Bahkan guna meningkatkan daya saing, permodalan, dan pemasaran, Evita sengaja mendatangkan sejumlah pihak. Mereka melakukan sosialisasi terkait permasalahan IKM, di Pendopo Kabupaten Grobogan, Sabtu (18/9/2021).

Kegiatan tersebut selain dihadiri Evita Nursanty, perusahan yang tergabung dalam Indonesian Finance Group, juga Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Serta Kepala Disperindag, Pradana Setyawan dan pelaku di IKM Grobogan.

“Saya ingin produk IKM di Grobogan memiliki daya saing. Saat ini permasalahan yang dihadapi adalah masalah packaging atau kemasan. Karena saya pernah bertanya kenapa tidak bisa masuk hotel dan ritel karena kemasan yang masih biasa. Semoga nantinya produk IKM mampu menjadi sajian di hotel-hotel,” ujar Evita di hadapan pelaku IKM.

Baca juga: Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Menurut Evita, pihaknya bersama Pemkab Grobogan memang sengaja mendatangkan BUMN dan perusahaan asuransi yang sudah membuat holding. Yakni Indonesia Finance Group di mana holding ini di bawah PT Bahana.

Ada Jasa Raharja, Askrindo, Jasindo, dan Jamkrindo agar mereka memberikan sosialisasi dan solusi bagi UMKM di Grobogan. Sehingga para peserta bisa mengambil manfaat dari apa yang sudah disampaikan narasumber.

“Agar tahu bagaimana peluang untuk mendapatkan kredit, juga kemudahan dalam pengembangan usaha mereka. Kami sampaikan juga kepada BUMN dan perusahaan asurani untuk ikut membantu para petani. Karena potensi terbesar di Grobogan adalah pertanian,” kata Evita.

Ada 18.200 an IKM di Grobogan

Baca juga: Dukung Herd Immunity, PDIP Grobogan Gelar Vaksinasi Gratis

Sementara menurut Kepala Disperindag Grobogan, Pradana Setyawan, di Kabupaten Grobogan saat ini ada sekira 18.200 an IKM. Mereka bergerak pada sembilan sektor usaha. Adapun masalah krusial yang dihadapi ada tiga. Yakni permodalan, daya saing dan pemasaran.

“Tiga permasalahan utama ini harus diselesaikan. Melalui kegiatan ini kita serahkan 80 jenis alat kepada dua IKM untuk meningkatkan daya saing. Yakni IKM yang bergerak pada sektor furniture dan logam. Diharapkan keduanya nantinya menjadi klaster IKM di Kabupaten Grobogan,” ujar Pradana Setyawan akrab disapa Danis.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.

Dibawa dari Aceh, 19,3 Kg Ganja Disita BNN di Magelang

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap seorang pengedar narkoba yang membawa 19,3 kg ganja di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Angin Puting Beliung Terjang 4 Desa di Kudus, Ratusan Rumah Warga Rusak

Ratusan rumah warga di empat desa di Kabupaten Kudus mengalami kerusakan setelah diterjang bencana angin puting beliung.

Longsor Timpa Rumah Warga di Banjarnegara, Bocah Usia 3 Tahun Meninggal

Bencana tanah longsor melanda permukiman di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), menyebabkan seorang bocah berusia 3 tahun meninggal dunia.

Viral, Guru di Pekalongan Diduga Pukul Kepala dan Dada Siswa 10 Kali

Guru SMP di Pekalongan diduga memukuli siswa hingga 10 kali di bagian kepala depan, belakang, dan dada karena dianggap tak tertib dan membuat kegaduhan.