SOLOPOS.COM - Ikan raksasa misterius di Queensland, Australia. (Istimewa/The Courier Mail)

Gambar pada makhluk tersebut menyebar dengan cepat dan banyak orang secara alami memberi gagasannya terhadap ikan tersebut.

Solopos.com, QUEENSLAND – Ikan langka ditemukan di pantai Australia. Ikan ini pertama kali ditemukan oleh John dan Riley Lindholm yang sedang berjalan-jalan di sepanjang Moore Park Beach di Queensland, Australia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Tech Times, Senin (12/3/2018), ia menemukan makhluk aneh tersebut di pantai, ikan tersebut cukup besar dan memiliki panjang diperkirakan sekira 2 meter dan beratnya 150 kilogram. Warnanya abu-abu dan perak, dengan mulut yang terbuka cukup lebar. Ikan tersebut tidak mengalami luka, jadi diperkirakan ikan tersebut baru saja mati saat terseret ke pinggir pantai tersebut.

Lindholm yang diketahui memiliki pengalaman terhadap spesies ikan yang berbeda tidak dapat mengidentifikasi ikan misterius tersebut dan ia juga mengira ikan tersebut merupakan ikan pengganggu walaupun tidak sepenuhnya yakin.

John dan Lindholm mengambil foto tersebut dan mengunggahnya di media sosial dengan harapan dapat mengidentifikasi makhluk tersebut. Beberapa orang mengatakan kemungkinan ikan itu ialah groper atau tripletail. Keduanya kembali ke pantai tersebut untuk mencarinya, namun ikan tersebut sudah menghilang.

Gambar pada makhluk tersebut menyebar dengan cepat dan banyak orang secara alami memberi gagasannya terhadap ikan tersebut. Beberapa telah mengatakan bahwa itu bisa merupakan coelacanth kuno, spesies ikan purba yang diyakini telah punah bersama dengan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu sampai ditemukan kembali pada 1938 oleh seorang kurator museum Afrika Selatan.

Namun, meski fosil hidup ini memiliki beberapa karakteristik dengan ikan misterius seperti ukurannya yang besar dan mulutnya yang lebar, pihak berwenang percaya ikan lain penyebab kematian ikan tersebut.

Patroli Perkapalan dan Perikanan Queensland berkonsultasi dengan para ahli di Museum Queensland dengan harapan bisa mengidentifikasi ikannya. Menurut QBFP, meskipun cukup sulit untuk menentukan spesies ikan, tampaknya ikan ini adalah ikan delima Queensland, salah satu ikan bertulang terbesar yang telah terlibat dalam serangan fatal pada manusia.

Di Queensland, groper adalah spesies yang tidak dimiliki siapapun, yang berarti bahwa itu adalah spesies yang dilindungi dan yang menangkap atau memiliki itu dilarang. Jika ikan misterius memang pengganggu Queensland, pihak berwenang tidak bisa lagi menentukan penyebab kematiannya.

Juru bicara QBFB mengatakan, jika ikan tersebut tertangkap secara tidak sengaja, spesies yang dilindungi tidak boleh dikeluarkan dari air, artinya ikan tersebut harus segera dikembalikan ke air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya