IKA UNS Bergotong Royong Bantu Penanganan Covid-19

IKA UNS menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19” yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO--Angka kasus Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih 1,5 tahun masih menunjukkan kenaikan. Bahkan gelombang kedua yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia menimbulkan keprihatinan semua pihak, termasuk Ikatan Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Solo.

Bekerja sama dengan UNS, RS UNS, Lintas Alumni UNS di Solo, Relawan Kesehatan, Pemerintah Kota Surakarta, Otoritas Jasa Keuangan Solo, dan Satgas Kodya Surakarta, IKA UNS menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7/2021) dan akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

“Ini merupakan kegiatan bersama dalam bingkai gotong royong, Penderitaan masyarakat akibat pandemi ini juga derita kami, sehingga berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing,” kata Heri Sosiawan, Ketua IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Viral! Pelanggan Anjlok Selama PPKM Darurat, Warung Kopi di Solo Pasang Banner Sebut-Sebut Aparat

Kegiatan IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19 menyasar sisi hulu dan hilir. Di sisi hulu, IKA UNS menggelar sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sejauh 2 meter, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dengan tidak keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, dan menghindari makan bersama.

Selain itu, IKA UNS juga memberikan pemahaman tentang 3T, yaitu testing (pemeriksaan dini pada seseorang), tracking (pemeriksaan pada kontak terdekat pasien Covid-19), dan treatment (perawatan pada seseorang yang terpapar positif Covid-19).

Kegiatan sosialisasi tersebut meliputi pemasangan spanduk, banner, dan brosur yang akan dipasang di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh warga di Kota Solo. IKA UNS juga akan menggandeng petugas kelurahan di Kota Solo untuk melakukan sosialisasi tersebut.

“Tak lupa, kami juga membagikan masker untuk masyarakat kurang mampu, pedagang kaki lima, pengendara ojek online, dan lainnya,” imbuh Heri.

Baca Juga: Total Rp200 Miliar, Astra Serahkan Bantuan Tahap Ketujuh Rp30 Miliar untuk Masyarakat Terdampak Pandemi

Membantu Warga Isolasi Mandiri

Sementara di hilir, IKA UNS memberikan bantuan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Bantuan tersebut berupa paket makan siang sebanyak 200 kotak yang akan dibagikan setiap hari selama 60 hari di beberapa kelurahan.

Selain itu, IKA UNS juga menyediakan dua unit ambulans yang dapat digunakan warga secara gratis untuk keperluan mengangkut jenazah atau mengantar jemput pasien Covid-19.

“Sopir dan bensin sudah disiapkan oleh IKA UNS. Jadi warga bisa memakai kedua unit ambulans ini dengan gratis,“ ungkap Heri.

Baca Juga: Bidan Desa di Klaten Rutin Pantau Pasien Covid-19 yang Isoman

Bersama 12 sukarelawan pemakaman yang telah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), IKA UNS juga membantu pemakaman jenazah Covid-19 mulai dari menggali liang kubur, membawa jenazah ke permakaman, hingga memakamkan. IKA UNS juga menyediakan bantuan peti mati bagi warga kurang mampu dan membagikan biang disinfektan bagi kelompok masyarakat.

“Semua ini berkat bantuan dana gotong royong alumni UNS dan masyarakat umum. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dengan bantuan semua pihak,” ucap Heri.

Kegiatan IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19 juga mengajak masyarakat umum untuk berdonasi agar meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Donasi dapat dikirimkan melalui Rekening IKA UNS di Bank Mandiri nomor 116-00-0909066-3.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses informasi mengenai kegiatan tersebut melalui nomor pusat layanan 0813 7777 0144 atau mendatangi kantor sekretariat di Griya Segaran, J. KS Tubun 31, Manahan, Solo.

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Hujan Angin Terjang Girimarto Wonogiri, 1 Rumah Warga Rusak Parah

Satu rumah warga di Desa Jendi, Girimarto, Wonogiri, rusak parah akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Jumat siang.

Keren! 9 Siswa SMP Wakili Sragen di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Jateng

Sembilan orang siswa SMP bakal mewakili Kabupaten Sragen dalam ajang Kompetisi Sains nasional (KSN) untuk pada Oktober 2021 mendatang.

Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru Ditunda, GTT Wonogiri Malah Senang

Kalangan GTT senior di Kabupaten Wonogiri berharap penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK merupakan sinyal baik.

Perjuangan Atlet Difabel Panahan Wonogiri Menuju Peparnas Papua, Pernah Latihan Pakai Alat dari Bambu

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Ratusan pekerja dan pelaku kegiatan di Pasar Klewer Solo ternyata belum divaksin Covid-19 padahal ditunjuk Kemendag untuk menerapkan PeduliLindungi.

Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

Puluhan mahasiswa anggota BEM Soloraya menggelar aksi unjuk rasa menuntut pemerintah menyesaikan persoalan pertanian.

Ditanya Soal Duet dengan Ganjar di Pilpres 2024, Menko Airlangga: Masih Jauh Itu

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di acara haul Ki Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jumat (24/9/2021)

Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melanjutkan psywar kepada AHHA PS Pati dengan menyebut sponsor Persis Solo lebih banyak.

Masjid Tertua di Sragen Ini Simpan Pusaka dari Raja Keraton Solo PB IV, Begini Ceritanya

Salah satu masjid tertua di Sragen yang terletak di Jetiskarangpung, Kalijambe, ternyata juga menyimpan pusaka pemberian Raja Solo.

Pengumuman PPPK Ditunda, Guru Honorer di Solo Pasrah

Guru honorer di Solo mengaku pasrah dengan adanya penundaan pengumuman seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.

Lokasi Perayaan Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten Ternyata Pernah Dipindah Lho...

Tradisi Yaa Qowiyyu yang digelar setiap bulan Sapar di Jatinom, Klaten, ternyata pernah dipindahkan ke tempat lain.

Bermodal Seragam Loreng, Warga Klaten Curi Aki Motor di Banmati Sukoharjo

Seorang warga Wonosari, Klaten, yang menyamar dengan memakai baju loreng mirip seragam TNI tepergok curi aki sepeda motor di Banmati, Sukoharjo.

Bakal Tampil di Peparnas Papua, Atlet Panahan Wonogiri Ternyata Berlatih di Tegalan

Salah satu atlet Wonogiri, Arif Wirawan, 39, akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Paperanas) XVI Papua 2021. Ia akan bertanding di sektor Panahan kelas W2 (beregu open).

Jos! Sidowayah Klaten Kembangkan Millenial Smartfarming Biar Petani Nggak Punah

Konsep millenial smartfarming yang dikembangkan di Desa Sidowayah Klaten memadukan teknologi dan manajemen pertanian.