Kategori: Bisnis

IIMS 2021 Digelar, Presiden Sebut Ini Bukti Indonesia Siap Gelar MotoGP


Solopos.com/Bisnis/Adrianus Doni Totok

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pelaksanaan Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021 bisa menjadi bukti bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah MotoGP.

IIMS 2021 digelar mulai hari ini hingga 10 hari ke depan atau sampai 25 April 2021. Presiden berharap penyelenggaraan pameran otomotif tersebut bisa meningkatkan reputasi Indonesia dalam menggelar ajang otomotif bertaraf internasional.

“Melalui penyelengaraan pameran ini reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan dan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional, termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta, dan event-event internasional lainnya,” kata Jokowi saat membuka ajang IIMS 2021, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Bupati Sragen Klarifikasi Kelanjutan Proyek Pasar Kota ke 3 Kementerian

Sejauh ini, Kepala Negara menilai sektor otomotif dalam negeri sudah mulai pulih. Presiden mengharapkan kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri ini bisa ditingkatkan.

Tak hanya kapasitas produksi, implementasi kandungan lokal juga diharapkan semakin tinggi. Peningkatan kapasitas produksi industri otomotif Tanah Air itu sekaligus ajang pameran otomotif seperti IIMS 2021 diyakini akan meningkatkan permintaan pasar.

Apalagi sektor otomotif sudah didukung kebijakan relaksasi PPnBM oleh pemerintah. Pajak PpnBM 0 persen bisa dinikmati mobil jenis tertentu pada Maret hingga Mei 2021.

Baca juga: 5 Lokasi Ngabuburit yang Paling Hit di Solo, ke Sini Yuk!

Saatnya Ekspor

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta para pelaku industri otomotif untuk tidak hanya mengurus pasar dalam negeri. Menurut Presiden, sudah saatnya pelaku otomotif Tanah Air bergerak lebih dalam menggarap pasar ekspor. “Ini saya lihat peningkatannya sudah baik tapi kita ingin lebih ditingkatkan lagi,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Indonesia Internasional Motor Show atau IIMS 2021 diselenggarakan secara hybrid pada 15–25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Relaksasai Pajak 0% Bikin Penjualan Mobil Baru Melesat 72,6%

Dalam pameran otomotif ini akan ditampilkan produk dari sejumlah merek otomotif kenamaan seperti BMW, DFSK, Honda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Prestige Motorcars, Renault, Toyota, dan Wuling.

Presiden menyebut industri otomotif nasional mulai bangkit setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

"Saya mendapatkan laporan dari Menteri Perindustrian [Agus Gumiwang Kartasasmita] ada kenaikan. Untuk purchase order-nya 190 persen. Artinya harus inden, artinya ini yang memproduksi kewalahan. Artinya industri otomotif sudah bangkit kembali," kata Presiden dalam acara pembukaan IIMS 2021 seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum