SOLOPOS.COM - Gelandang sayap Persib, M Ridwan. DokJIBI/Solopos/Antara

Solopos.com, SOLO – Persib Bandung memastikan langkahnya ke babak final turnamen pramusim Inter Island Cup (IIC) 2014, setelah menundukkan Persik Kediri dengan skor 3-2. Kemenangan Maung Bandung, julukan Persib, dalam laga delapan besar di Stadion Manahan, Rabu (22/1/2014) WIB itu, tercipta berkat gol telat M. Ridwan di menit ke-89.

Persib sempat tertinggal 2-0 dari Persik di pertengahan babak pertama, lewat gol Dimas Galih dan Faris Aditama. Namun, Maung Bandung mampu menggelar comeback lewat tiga gol, yang masing-masing diukir oleh Makan Konate, Ferdinand Sinaga dan M. Ridwan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hasil ini membuat Persib menempati posisi juara Grup 2, menggeser Persiram Rajaampat. Persib mengemas nilai lima, sama dengan torehan Persiram, namun lebih unggul dalam selisih gol.

Di babak final, yang rencana digelar di Sidoarjo, Sabtu (25/1/2014), Persib akan menghadapi runner up Liga Super Indonesia (ISL) musim lalu, Arema Cronous, yang merupakan juara Grup 1.

Kans Persis melaju ke final sempat nyaris tertutup. Namun, peluang Maung Bandung kembali terbuka, menyusul kemenangan Persiram atas tim unggulan, Mitra Kukar, 1-0, pada laga lebih awal.

Mengetahui peluang lolosnya ke final kembali terbuka, Persib pun langsung ngotot kala menghadapi Macan Putih. Skuat Maung Bandung mencoba menerapkan determinasi dengan banyak menguasai bola dan menerapkan direct football.

Di sisi lain, Persik, yang tampil tanpa beban, justru lebih pasif. Kendati demikian, Macan Putih, sebutan Persik, tak lantas berdiam diri dan tetap memberi ancaman melalui serangan balik.

Namun, siapa sangka permainan Persik justru lebih efektif dibanding Persib. Lini pertahanan tim promosi Liga Super Indonesia (ISL) 2014 itu sulit digedor oleh barisan penyerang Maung Bandung, yang dimotori Tantan dan Ferdinand Sinaga.

Persik justru kian berbahaya dengan serangan baliknya. Pada menit ke-25, Persik mampu memecah kebuntuan melalui Dimas Galih. Sepakan bola rebound-nya, memanfaatkan tembakan keras Faris Aditama, yang membentur mistar gawang Persib, tak mampu dihalau M. Natsir.

Tertinggal 0-1 Persib mulai bangkit. Namun, kepanikan terlihat jelas di kubu Maung Bandung. Umpan-umpannya acap salah sasaran dan penyelesainan kurang maksimal.

Turunnya mental Persib ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Aris Budi. Pada menit ke-28, Macan Putih bahkan mampu menggandakan keungglannya melalui Faris Aditama, setelah memanfaatkan kemelut di daerah pertahanan Maung Bandung.

Tertinggal 2-0, Maung Bandung kian tidak nyaman. Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman, pun langsung mengambil inisiatif untuk melakukan rotasi besar-besaran. Dua pemain bertipilal penyerang, yakni M Ridwan dan Supardi, dimasukkan untuk menggantikan Hariono dan Jajang Sukmara.

Tekanan beruntun Persib akhirnya berbuah hasil. Pada menit ke-41, Persib mendapat peluang emas dengan kado penalti, setelah tendangan Tantan mengenai tangan bek Persik, Sofyan Effendi, di kotak penalti.

Konate, yang ditunjuk sebagai eksekutor pun tak menyianyiakan kesempatan. Tendangannya di titik 12 pas, mampu mengecoh kiper Persik, Usman Pribadi, dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Memasukki babak kedua, Persib kembali mengambil inisiatif serangan. Sedangkan, Persik justru lebih banyak memarkir pemainnya di lini belakang.

Alhasil tekanan bertubi-tubi Persib kembali berbuah hasil. Ferdinand Sinaga sukses menceploskan bola ke gawang Persik untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Mampu menyamakan kedudukan membuat moral Maung Bandung kembali bangkit. Skuat Pangeran Biru, julukan lain Persib, hanya tinggal membutuhkan sebiji gol untuk memastikan tempatnya di final.

Pada menit ke-60, Tantan mampu menceploskan gol, seusai menerima umpan terobosan. Sayangnya, gol Tantan dianulir wasit Suyanto, yang menganggap Tantan lebih dulu offside.

Menjelang laga berakhir, lapangan basah diguyur hujan deras. Namun, hal ini tak mengendurkan serangan Persib.

Alhasil di menit ke-89, Persib pun mampu mengembalikan kedudukan. Persib berbalik unggul lewat gol M. Ridwan seusai memanfaatkan umpan terusan dari Sinaga.

Keunggulan 3-2 ini pun menjadi hasil akhir laga dan Persib berhak melaju ke final menantang Arema.

Susunan pemain

Persib Bandung (4-4-2)
Natsir (I Made Wirawan 48’); Jajang (Supardi 36’), Vujovic, Abdul Rahman, Jufriyanto; Tony, Hariono (M. Ridwan 34’), Konate, Atep, Tantan, Ferdinand

Persik Kediri (4-4-2)
Usman; Yuli, Sofyan, Ndumbuisi, Indra; Jefri, Asep Berlian, Rendi (Qischil 84′), Faris; Dicky (Tamsil 57’), Dimas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya