SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) – Meski harga saham dianggap sudah memasuki area jenuh beli (overbought), namun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) masih melanjutkan rally pada Kamis (21/7/2011) dan ditutup menguat.

IHSG ditutup naik 17,44 poin atau 0,43 persen ke posisi 4.068,07. Indeks 45 saham unggulan (LQ45) juga naik 3,99 poin atau 0,56 persen ke posisi 718,04 poin. Analis Samuel Sekuritas, Muhammad Alfatih di Jakarta mengatakan, indeks BEI masih dalam tren penguatan meski beberapa saham memasuki area overbought. Ia menambahkan, menguatnya indeks BEI dipicu oleh fundamental ekonomi Indonesia yang positif sehingga pelaku pasar masih melakukan posisi beli.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

“Fundamental ekonomi dalam negeri masih positif sehingga pelaku pasar masih yakin untuk masuk ke pasar dan memberikan gain dan memicu IHSG melanjutkan penguatan,” kata dia. Selain saham-saham unggulan yang menguat, kata dia, saham-saham lapis kedua juga ikut memberi kontribusi terhadap penguatan indeks BEI. “Penguatan indeks BEI juga didukung oleh saham second liner,” kata dia. Ia mengatakan, sebagian pelaku pasar asing yang masih mengambil posisi beli menjadi salah satu pendorong IHSG tetap berada di dalam area positif.

Analis Milenium Danatama Sekuritas, Abidin menambahkan, secara teknikal IHSG mencoba menguji level 4.073 poin untuk menuju 4.085 poin. “Hal ini didukung oleh indikator MACD (Moving Average Convergence & Divergence) yang masih terus menunjukkan pergerakan menguat,” katanya. Namun demikian, lanjut dia, perlu diwaspadai juga adanya koreksi meski posisi indeks BEI berada dalam tren penguatan. “Penguatan harus diwaspadai seiring posisi saham yang tengah memasuki jenuh beli serta indikator “Stochastic” yang berpola pelemahan,” ucapnya.

Sementara di bursa regional di antaranya, Indeks Hang Seng melemah 16,40 poin (0,07 persen) ke level 21.987,29, Indeks Nikkei-225 naik 4,49 poin (0,04 persen) ke level 10.010,39, dan Indeks Straits Times menguat 12,85 poin (0,41 persen) ke level 3.138,15.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya