SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyembelihan hewan kurban sebelum pandemi Covid-19. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Jumlah hewan kurban di Bantul pada tahun ini meningkat hingga 18.294 ekor

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 
Harianjogja.com, BANTUL- Jumlah hewan kurban di Bantul pada tahun ini meningkat hingga 18.294 ekor pada Iduladha tahun ini. Belum ditemukan masalah kesehatan hewan yang membahayakan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Joko Waluyo menyatakan, petugas telah mendata jumlah hewan kurban yang disembelih pada momen Idul Adha tahun ini.

Berdasarkan pendataan di lebih dari 1.800 lokasi penyembelihan hewan kurban hingga Senin (4/9/2017) tercatat sebanyak 18.294 hewan kurban yang disembelih di berbagai Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) atau masjid. Bila dibandingkan dengan tahun lalu terjadi kenaikan jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 1.165 hewan kurban.

Tahun lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih hanya sebanyak 17.129 ekor. Menurut Joko Waluyo, sejumlah hal menyebabkan kenaikan hewan kurban yang disembelih. “Misalnya peningkatan kesejahteraan serta tingginya minat orang yang melakukan kurban,” ungkap Joko Waluyo, Senin (9/4/2017).

Joko menambahkan, tidak seluruh hewan kurban yang disembelih berasal dari Bantul. Sebagian hewan kurban berasal dari daerah lain. Saat ini kata dia, total populasi ternak khususnya sapi di Bantul tercatat sekitar 50.000 lebih termasuk pejantan dan betina.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Annihayah mengatakan, proses pelaksanaan kurban di Bantul hingga Senin berjalan lancar. Selain tidak ditemukan masalah kesehatan hewan kurban yang dianggap serius, Pemkab kata dia telah menyalurkan bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo serta dari Gubernur DIY.

“Untuk sapi bantuan Presiden sebanyak 296 kuintal daging sapi telah didistribusikan,” kata Annihayah.

Pemerintah kata dia memilih lokasi yang merupakan kantong kemiskinan untuk dijadikan sasaran bantuan hewan kurban dari gubernur maupun presiden. Bantuan kurban dari presiden misalnya diserahkan di Dusun Bodowaluh, Srihardono, Pundong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya