SOLOPOS.COM - Ilustrasi hewan kurban yang sehat. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Iduladha 2017 membuat hewan-hewan ternak yang lazim dimanfaatkan untuk hewan kurban di Kudus diperiksa lalu dilabeli.

Semarangpos.com, KUDUS  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) memberikan label terhadap hewan ternak sehat yang dijual di pasar ternak setempat. Langkah itu dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak membeli hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Sa’diyah di Kudus, Rabu (23/8/2017), pemberian label bagi hewan ternak yang dinyatakan setelah menjalani periksaan itu dimulai sejak sepekan sebelumnya. “Jika kondisinya sehat, hewan ternak tersebut diberi label tersebut,” ujarnya saat ditemui Kantor Berita Antara di sela-sela pemasangan label pada hewan ternak sehat di Pasar Ternak Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Ekspedisi Mudik 2024

Dinas Pertanian dan Pangan menyediakan 800 label dan sekitar 300 label sudah dipasangkan pada hewan ternak yang dijual di pasar hewan di Kudus. Saat ini label itu bahkan tengah dicetak lagi sebanyak 500 label untuk mengantisipasi lonjakan jumlah hewan ternak yang akan dijual di pasar ternak Kabupaten Kudus.

Sa’diyah mengatakan label yang menyatakan kesehatan hewan ternak tersebut diberikan untuk semua hewan ternak mulai dari sapi, kerbau, kambing dan domba. Sebelumnya, Dinas Pertanian juga sudah melakukan pemeriksaan hewan ternak di Kudus menjelang Hari Raya Iduladha.

Pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut sejatinya merupakan program rutin, namun mendekati Hari Iduladha frekuensinya ditingkatkan demi mengantisipasi kemungkinan penyebaran penyakit hewan menjelang perayaan hari raya kurban. Peningkatan pemantauan kesehatan hewan ternak dimulai sejak bulan Juli 2017, guna mencegah kemungkinan masuknya penyakit berbahaya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya