SOLOPOS.COM - Wawali Kota Solo, Achmad Purnomo, menyerahkan sapi kurban Presiden Jokowi kepada pengurus takmir Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Kelurahan Ketelan, Banjarsari, saat perayaan Idul Adha, Jumat (1/9/2017) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Iduladha 2017, Presiden Jokowi berkurban dua ekor sapi di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban dua ekor sapi berbobot nyaris 1 ton yang disembelih di dua masjid di Kota Solo. Di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, sapi dari Presiden Jokowi jenis Benggala seberat 850 kg. Sementara di Masjid Agung Kota Solo sapi seberat 950 kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan penyembelihan hewan kurban dari Presiden Jokowi di Masjid Al Wustho Mangkunegaran diawali dengan prosesi sambutan-sambutan dan penandatanganan berita acara oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Solo Achmad Purnomo dan Ketua Takmir Masjid Muhammad Toha Mustofa, Jumat (1/9/2017) pukul 08.40 WIB.

Kegiatan tersebut disaksikan oleh sejumlah takmir masjid, pejabat Pemkot, dan juga warga Ketelan, Banjarsari, yang hadir di halaman Masjid Al-Wustho. (Baca: Sapi Presiden Jokowi Dibeli dari Peternak Sukoharjo)

Tidak lama berselang, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi kepada Takmir Masjid Al-Wustho. Prosesi penyerahan hewan kurban berupa seekor sapi jenis Benggala seberat kurang lebih 850 kilogram (kg) tersebut dilakukan oleh Wawali dengan cara memberikan dadung kepada Ketua Takmir Masjid Al Wustho.

Prosesi itu dilakukan di tempat parkir Masjid Al-Wustho yang sementara dipakai untuk mengikat hewan kurban sebelum disembelih.

Amanah

Wawali Kota Solo, Acmad Purnomo, mengatakan sejak 2015, Masjid Al-Wustho selalu mendapat amanah untuk menyembelihkan hewan kurban dari Presiden Jokowi. Hal itu, menurut dia, patut disyukuri.

Sebagian masyarakat Solo di sekitar Masjid Al-Wustho bisa merayakan Iduladha sambil menikmati pemberian daging sapi dari Presiden. Purnomo menyampaikan pesan dari Presiden, agar daging hewan kurban bisa dibagikan kepada warga khususnya yang kurang mampu.

“Saya yang didhawuhi untuk menyerahkan hewan kurban dari Pak Presiden. Sesuai pesan Pak Presiden, sapi bisa diteruskan kepada yang berhak. Sapi ini bisa membantu masyarakat Solo yang perlu dibantu supaya bisa ikut merayakan Iduladha. Sudah barang tentu kita merasa bahagia dan senang mendapat perhatian dari Presiden Indonesia. Mari kita doakan Pak Presiden asli Solo ini bisa membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik,” kata Purnomo saat memberikan sambutan, Jumat.

Purnomo mengatakan Presiden Jokowi total menyumbang dua ekor sapi untuk diberikan kepada masyarakat Solo. Proses penyembelihan sapi diserahkan bukan hanya kepada pengurus Masjid Masjid Al Wustho, melainkan juga takmir Masjid Agung Solo.

Dia menyebut, sapi pemberian Presiden yang dipotong di Masjid Agung memiliki berat sekitar 950 kg. Sapi tersebut baru akan disembelih panitia penerimaan dan pembagian hewan kurban Masjid Agung pada Senin (2/9/2017) pagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya