SOLOPOS.COM - Sapi Jokowi yang dibeli dari Dalimin saat diserahkan ke takmir Masjid Agung Solo, Minggu (11/9/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Iduladha 2016 menjadi momen kedua bagi Dalimin menjual sapinya ke Jokowi. Sapi Dalimin kini jadi tontonan di Masjid Agung Solo.

Solopos.com, SOLO — Seekor sapi kurban seberat 1,2 ton dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah diterima takmir Masjid Agung Solo, Minggu (11/9/2016) pukul 15.30 WIB. Sapi jenis Jawa Super tersebut menjadi sapi kurban terbesar yang diterima takmir Masjid Agung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pantauan Solopos.com, setibanya di halaman Masjid Agung Solo, sapi kurban dari orang nomor satu di Indonesia tersebut langsung menjadi pusat perhatian puluhan orang yang berada di sekitar kompleks Masjid Agung. Bukan hanya anak-anak, para orang tua juga ikut berebut tempat untuk bisa lebih leluasa memotret sapi dari dekat.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rohman, mengatakan secara resmi serah terima sapi kurban dari Presiden Jokowi dilaksanakan di Masjid Agung setelah salat id, Senin (12/9/2016) pukul 07.30 WIB. Penyerahan hewan kurban seharga Rp70 juta tersebut diwakilkan oleh pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kepada takmir Masjid Agung.

“Sapi sudah datang tapi secara resmi serah terimanya dilaksanakan setelah salat id. Dari delapan sapi yang kami terima, sapi dari Bapak Presiden adalah yang terbesar untuk dikurbankan,” kata Basid kepada Solopos.com di sela-sela penyerahan sapi kiriman dari Presiden di halaman Masjid Agung, Minggu sore. Baca juga: Sapi Supernya Kembali Dipesan Jokowi, Ini Rahasia Dalimin Petani Boyolali.

Basid mengatakan Presiden Jokowi setiap perayaan Iduladha secara rutin menyerahkan hewan kurban kepada Masjid Agung, bahkan sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Menurut dia, sapi dari Jokowi selalu fantastis, yakni memiliki berat di atas rata-rata. Kali ini sapi dibeli dari warga Dukuh Ngancan RT 004/RW 005, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Dalimin Sumorejo, 45.

“Sementara Masjid Agung mendapat amanah untuk menyembelih delapan sapi dari pedagang Pasar Klewer, keluarga jamaah Masjid Agung, dan lain-lain, termasuk salah satunya dari Bapak Presiden. Selain sapi, kami juga mendapat amanah untuk memotong delapan kambing atau domba,” jelas Basid. Baca juga: Ini Keinginan Dalimin Setelah Jual Sapi ke Presiden Jokowi.

Basid menjelaskan sapi seberat 1,2 ton dari Presiden Jokowi bisa dibagi menjadi sebanyak 2.400 paket. Satu paket kurban berisi 0,5 kilogram campuran daging, tulang dan jeroan. Panitia kurban Masjid Agung akan membagikan paket kurban kepada warga Kelurahan Kauman, Pasar Kliwon, jamaah masjid agung, dan kaum fakir miskin pada Senin mulai pukul 13.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya