SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (JIBI/Solopos/Dok)

Iduladha 2016 kembali menjadi berkah bagi Dalimin, petani Boyolali yang sapinya kembali dipesan Jokowi.

Solopos.com, BOYOLALI — Untuk kali kedua, Dalimin Sumorejo, 45, bisa berbangga hati karena sapi Jawa Super peliharaannya kembali dilirik orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui utusannya, Jokowi membeli sapi milik warga Dukuh Ngancan RT 004/RW 005, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tahun lalu juga beli sapi di tempat saya. Tahun ini alhamdulillah datang lagi ke sini,” kata Dalimin, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (10/9/2016).

Sapi Jawa Super seberat 1,2 ton itu dipesan Jokowi untuk dibawa ke Masjid Agung, Solo, sebagai hewan kurban. “Rencananya dibawa ke Solo Minggu [11/9/2016] dini hari,” kata dia.

Sapi Jawa Super berwarna putih itu sudah dibayar lunas oleh utusan keluarga Jokowi senilai Rp70 juta. Tahun lalu, Jokowi juga membeli sapi Jawa Super milik Daliman namun ukurannya lebih kecil, yakni 8,5 kuintal dengan harga Rp55 juta.

Daliman menceritakan awalnya dia tidak tahu jika Jokowi akan membeli lagi sapi di tempatnya. Saat itu, ada utusan berseragam TNI dan Polri yang datang ke rumah dan meminta sapi yang bagus dan sehat. Setelah itu, datanglah mantri hewan memeriksa sapi pesanan tersebut.

“Mantri setempat itu membuat surat yang menyatakan sapi saya sehat. Terus kemarin ada yang datang membayar lunas sapi saya dan saya baru tahu bahwa sapi saya dibeli Pak Jokowi,” ujar Daliman, senang.

Sapi Jawa Super yang dibeli Jokowi sudah berusia lima tahun. Daliman memeliharanya saat masih berusia empat tahun. Saat itu, dia membeli dengan berat masih 8,5 kuintal dan harga beli saat itu Rp33 juta. Untuk bisa menjadi sapi super seberat 1,2 ton, Daliman tak bisa memberinya pakan sembarangan. Rata-rata biaya pakan sapi Jawa Super itu mencapai Rp30.000 hingga Rp35.000 per hari.

“Pakannya khusus, selain rumput juga saya beri bekatul super harganya Rp3.000/kg, singkong harganya juga Rp3.000/kilogram, dedak juga sama, dan saya tambahkan nutrifeed.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya