SOLOPOS.COM - Pedagang daging sapi di Pasar Prambanan, Sundari, tetap berjualan meski Iduladha, Senin (12/8/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Iduladha 2016, pedagang daging sapi libur satu minggu

Harianjogja.com, JOGJA-Pada hari besar Iduladha, sejumlah pedagang daging sapi masih terlihat menjual dagangannya di pasar tradisional. Namun pasca Iduladha mereka bersiap untuk libur selama seminggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau pas hari H kita masih jualan karena buat jaga-jaga kalau ada yang masih kurang [daging]. Habis ini [Iduladha] kita libur seminggu biasanya,” kata Sundari, salah satu pedagang daging sapi Pasar Prambanan, Senin (12/9/2016).

Sundari beralasan, biasanya setelah Iduladha, kalangan rumah tangga masih memiliki stok daging sapi Iduladha dari kampungnya sehingga permintaan daging sapi kepada pedagang di pasar berkurang. Agar tidak rugi, pedagang pun memilih untuk tidak berjualan sementara waktu.

Sundari saat ini menjual daging sapi seharga Rp130.000 per kilogram (kg) untuk kualitas I. Pada hari Iduladha kemarin, ia mampu menjual 15 kg daging untuk kalangan rumah tangga. “Biasanya buat tambahan,” terangnya.

Selain menjual daging, ia juga menerima kulit sapi dari panitia Iduladha. Untuk kulit sapi, Sundari berani membelinya dengan harga Rp25.000 per kg, sementara untuk kulit kambing seharga Rp40.000 per ekor.

Hal yang sama juga dilakukan pedagang lain di Pasar Beringharjo, Waltinem. “Biasanya ada yang jual kulit ke saya terus minta ditukar daging,” kata Waltinem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya