SOLOPOS.COM - Ilustrasi rukyatulhilal (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tikupadang)

Iduladha 2016 ditetapkan melalui sidang isbat.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Zulhijjah 1437H atau Hari Iduladha 1437H pada Kamis (1/8/2016). Sidang isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin Nomor 6 Jakarta, mulai pukul 17.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin, mengatakan, sidang isbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, ketua MUI, duta besar negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Ekspedisi Mudik 2024

Diberitakan Kemenag.go.id, Selasa (30/8/2016), sidang diawali dengan sesi pra-sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1437H oleh Anggota Tim Husab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah Salat Maghrib, sidang digelar dengan pembukaan sidang itsbat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan Pelaksanaan Rukyatul Hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) M. Thambrin. Hasil sidang isbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers.

Dalam keterangannya, Direktur Urais M. Thambrin mengatakan sidang itsbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal, namun awak media diberikan kesempatan untuk melakukan pengambilan gambar suasana sidang sebelum sidang resmi dimulai.

“Sidang Isbat dilakukan tertutup, dan setelahnya akan dilakukan konperensi pers hasil sidang Isbat oleh bapak Menteri Agama,” terang M. Thambrin kepada Pinmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya