SOLOPOS.COM - Pengobatan sapi bakal hewan kurban Iduladha 2015 di Desa Gampengrejo, Kediri, Selasa (15/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

Iduladha 2016 dimulai dengan melakukan pemeriksaan hewan kurban

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Bantul, mulai melakukan pemeriksaan hewan ternak menjelang hari raya Iduladha 1437 H, Senin (15/8/2016).

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Dinpertanhut melakukan pemeriksaan hewan ternak khususnya pada hewan-hewan yang dijual pedagang besar mulai 15 Agustus hingga 12 September 2016 mendatang pada saat hari H pelaksanaan hari raya Idul Adha.

Ekspedisi Mudik 2024

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kabupaten Bantul Pulung Haryadi mengatakan pada hari pertama ini telah dilakasanaan pemeriksaan di dua titik yaitu di Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Sanden.

“Sejauh ini belum kami temukan hewan ternak yang terindikasi terjangkit penyakit” kata Pulung saat di Hubungi Harianjogja.com.

Pulung menargetkan selama satu bulan ke depan akan memerikasa hewan ternak di 1.000 titik di Bantul, 26 titik di antaranya khusus para pedagang besar. Dispertahut juga akan melakukan pelatihan terhadap para takmir masjid dalam menyembelih hewan kurban dan akan diberikan pengetahuan tentang kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan ini ditujukan agar hewan kurban sehat dan benar-benar layak dikonsumsi. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas dari Dispertanhut Bantul di sejumlah peternakan yang ada di Bantul. Dalam pemeriksaan hewan ternak ini, para petugas memeriksa hewan kurban dari matanya, bibir, gigi, dan selanjutnya pemeriksaan faeses jika memang ada indikasi penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya