SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja,com, JOGJA– Grebeg Besar untuk memperingati Hari Raya Idul Adha berlangsung pada Minggu 5 Oktober. Seperti tahun- tahun sebelumnya akan terdapat tujuh gunungan dalam peristiwa grebeg besar tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY Iswanto mengatakan hal itu sesuai dengan surat berbahasa jawa dari Tepas Dwarapura (Humas) Kraton bernomor No.36/SK/TPD/IX/2014 tertanggal 4 September atau Dulkangidah Alip 1947 yang telah diterimanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah pareden (gunungan) ada tujuh,” begitu isi surat yang ditandatangani Penghageng Tepas Dwarapura KRT Jatiningrat itu.

Lima gunungan yang terdiri dari gunungan Kakung, Putri, Pepak, Darat dan Pawuhan diantarkan ke Masjid Kauman dan kemudian diperebutkan warga. Sedangkan dua gunungan launnya diserahkan ke Pura Pakualaman dan Kepatihan.

Iswanto mengatakan gunungan di Kepatihan diperkirakan tiba pukul 11.30 WIB. Gunungan akan diserahkan kepada Sekretaris Daerah Ichsanuri, yang kemudian dibagikan kepada pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah. Selebihnya diperebutkan pegawai dan masyarakat sekitarnya. “Penyerahan hajad Dalem di Kepatihan juga akan dimeriahkan grup Hadroh,” ujarnya. ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya