SOLOPOS.COM - SPG di mal hewan kurban, Depok, Senin (15/9/2014). (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Sejumlah sales promotion girl (SPG) mendata sapi di Mall Hewan Kurban H. Doni, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (15/9/2014). Strategi penjualan hewan kurban dengan menggerakkan SPG berbusana khas jazirah Arab itu dilakukan sang pemilik mal hewan kurban demi menarik minat pembeli. Ditaksir, 8.000 hewan kurban meramaikan bursa hewan ternak menjelang Iduladha 2014 ini. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi sapi untuk kurban. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Harga sapi di Temanggung, Jawa Tengah, naik Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per ekor, sedangkan harga kambing naik antara Rp200.000 hingga Rp700.000 per ekor menjelang Iduladha 1435 H.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang pedagang di Pasar Hewan Kranggan, Temanggung, Sudarsono, Jumat, mengatakan, bersamaan meningkatnya permintaan hewan kurban, harga sapi sejak awal September 2014 telah mengalami kenaikan.

Ia menyebutkan, harga sapi kelas A (besar) jenis simetal sebelumnya Rp20 juta hingga Rp21 juta kini naik menjadi Rp22 juta hingga Rp23,5 juta per ekor. Sapi ukuran sedang dari Rp18 juta menjadi Rp20 juta per ekor.

Sedangkan sapi jenis lokal sebelumnya berkisar harga Rp13 juta hingga Rp15 juta, saat ini mencapai harga Rp15 juta hingga Rp17 juta per ekor.

“Permintaan hewan kurban telah ramai sejak dua pekan lalu dan kondisi ini akan bertahan hingga menjelang Hari Raya Kurban nanti,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (19/9/2014).

Ia menyebutkan, selama September ini ia telah berhasil menjual sapi sekitar 100 ekor.

Menurut dia, permintaan sapi tahun ini lebih ramai dari tahun lalu, karena saat ini di Temanggung sedang panen tembakau yang kebetulan harganya juga bagus.

Seorang pedagang kambing, Fatchur Rohman, menyebutkan, harga kambing ukuran besar yang pada hari biasa Rp2 juta, menjelang Idul Adha ini mencapai Rp2,7 juta per ekor, kambing ukuran sedang dari Rp1,5 juta menjadi Rp1,8 juta per ekor, dan kambing ukuran kecil dari Rp1,3 juta menjadi Rp1,5 juta per ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya