SOLOPOS.COM - Tim pemantau hewan kurban Pemkot Madiun saat mengecek kesehatan salah satu kambing yang dijual di sepanjang Jl. Kelapa Manis dan Jl. DI Panjaitan, Rabu (7/9/2016). (JIBI/Madiunpos.com/Istimewa)

Idul Adha, Pemkot Madiun melakukan sidak ke sejumlah pedagang hewan kurban di Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Menjelang perayaan Idul Adha, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Pertanian melakukan sidak di lokasi penjualan hewan kurban, Rabu (7/9/2016). Sidak ini bertujuan untuk memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam beberapa waktu menjelang hari raya kurban, ada sejumlah warga yang menjual hewan kurban berupa kambing di sepanjang Jl. Kelapa Manis dan Jl. DI Panjaitan, Kota Madiun. Pedagang menjual hewan ternak untuk kurban di sepanjang jalan tersebut.

Kasi Peternakan Dinas Pertanian Kota Madiun, Herman Prakoso, mengatakan kegiatan sidak ini dilakukan tim pemantau hewan korban Pemkot Madiun yang terdiri atas drh Cahya Rini, petugas Dinas Pertanian, dan Komisi Sertifikasi MUI Kota Madiun yang diwakili Hadi Suprapto.

Dia menyampaikan sidak ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dijual adalah hewan yang sehat dan tidak berpenyakit. Hewan kurban yang layak dikurbankan yaitu harus sudah cukup umur dan sehat.

Hewan kambing yang cukup umur bisa dilihat dari gigi yang sudah tanggal. Selain itu, untuk melihat kambing tersebut sehat atau tidak bisa dilihat dari kecerahan mata hewan itu.

“Kegiatan sidak ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyakit menular yang terjadi pada hewan ternak khususnya hewan yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha 2016 ini,” kata dia dalam siaran pers.

Salah seorang penjual kambing di Kota Madiun, Wiyono, mengatakan sudah beberapa hari berjualan kambing di Jl. DI Panjaitan. Ada dua jenis kambing yang dijual, yaitu kambing etawa dan kambing kacang jawa.

Untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi yaitu antara Rp2 juta/ekor hingga Rp3,5 juta/ekor. Harga kambing tergantung dari jenis dan berat badan kambing tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya