SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan saat menikmati keindahan alam di Pantai Klayar, Pacitan, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Idul Adha, sejumlah petugas Dishubkominfo dan Polres Pacitan disiagakan untuk pengamanan selama libur panjang Idul Adha.

Madiunpos.com, PACITAN — Sejumlah petugas dari Dishubkominfo dan Polres Pacitan akan disiagakan untuk memastikan keamanan di sejumlah tempat wisata selama libur panjang Idul Adha 2016. Diperkirakan ribuan pengunjung akan memadati sejumlah tempat wisata di kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah lokasi wisata yang diperkirakan akan dipadati wisatawan yaitu Pantai Klayar, Goa Gong, Pantai Teleng Ria, dan Pemandian air hangat. Selama libur panjang, sejumlah lokasi wisata tersebut akan dijaga petugas secara intensif.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, Widy Sumardji, mengatakan sekitar 20 petugas dari Dishubkominfo akan disiagakan di sejumlah tempat wisata selama libur panjang Idul Adha. Petugas Dishubkominfo beserta polisi bertugas untuk memastikan arus lalu lintas di lokasi wisata bisa aman dan lancar.

Widy menyampaikan selama libur panjang dan perayaan Idul Adha diprediksi ada peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke lokasi wisata. Meskipun, jumlah pengunjung tidak sebanyak pada saat Idul Fitri lalu.

“Libur panjang Idul Adha nanti tetap ada kenaikan pengunjung, tetapi tidak banyak, tidak seramai Idul Fitri. Namun, kami tetap melakukan pengamanan di lokasi wisata yang diperkirakan akan dipadati pengunjung, salah satuny Pantai Klayar,” jelas dia kepada Madiunpos.com di ruang kerjanya, Jumat (9/9/2016).

Dia menyampaikan aktivitas penumpang di Terminal Pacitan menjelang Idul Adha juga diprediksi hanya ada kenaikan 10% dibandingkan hari biasa. Menurut dia, warga yang merantau ke berbagai daerah biasanya tidak pulang saat Idul Adha, sehingga aktivitas di terminal diprediksi masih normal dan belum ada peningkatan signifikan.

Kapolres Pacitan, AKBP Suhandana Cakrawijaya, mengatakan Polres Pacitan telah melakukan rapat koordinasi bersama berbagai lintas instansi dan organisasi keagamaan dalam rangka pengamanan libur panjang Idul Adha 2016. Sejumlah polisi akan disigakan dalam rangka pengamanan libur panjang dan takbir keliling serta salat Idul Adha di sejumlah masjid.

“Sejumlah personel Sabhara dan Lantas sedang disetting dan diploting guna pengamanan di jalur dan area wisata selama libur panjang. Selain itu, sejumlah anggota juga akan disiagakan untuk pengamanan takbir keliling yang ada di Arjosari,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya