SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Tiket pesawat untuk periode libur panjang Idul Adha pekan depan khususnya rute penerbangan Solo-Jakarta, hingga saat ini masih relatif tersedia.

Meskipun mulai terjadi peningkatan reservasi untuk libur Idul Adha, pihak maskapai memperkirakan calon penumpang masih bisa mendapatkan tiket jika memesan jelang hari keberangkatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sales Representative Sriwijaya Air Solo, Nur Sapto Siwi, mengatakan untuk libur panjang pekan depan, load factor pesawat mulai terlihat penuh pada Sabtu (12/10/2013), terutama untuk kedatangan dari Jakarta. Sementara untuk rute sebaliknya atau arus balik Solo-Jakarta mulai padat terjadi Selasa (15/10) dan Rabu (16/10) pagi.

“Tingkat keterisian pesawat untuk penerbangan Jakarta-Solo Sabtu akhir pekan ini sudah mencapai 85%. Bahkan penerbangan siang dan penerbangan terakhir dari Jakarta itu sudah penuh,” kata Nur, kepada Solopos.com, Selasa (8/10).

Sementara, untuk arus balik Solo-Jakarta pada Selasa dan Rabu rata-rata baru dipesan 70%. “Tapi kami optimistis pada hari itu tingkat load factor bisa mencapai 100%. Mendekati jadwal keberangkatan biasanya tiket pesawat pasti habis terjual.”

Angka ini tentunya lebih tinggi dibanding rata-rata load factor Sriwijaya Air pada saat akhir pekan. Nur menyebutkan, setiap akhir pekan penerbangan Sriwijaya Air dari Solo rata-rata bisa mencapai load factor 93%.

Sales Manager Garuda Indonesia Solo, Endy Latief, juga menyampaikan Oktober merupakan peak season bagi industri penerbangan. “Karena salah satunya momen Idul Adha. Saya belum tahu persis untuk saat ini berapa posisi reservasi tapi kemungkinan besar pada akhir libur panjang pekan depan, load factor akan mencapai 100%.”

Baik Sriwijaya Air maupun Garuda Indonesia menyebutkan tingginya load factor penerbangan di bulan Oktober ini juga banyak dipengaruhi datangnya musim haji. Selain itu, di Kota Solo dalam beberapa hari terakhir khususnya akhir September hingga awal Oktober ini banyak sekali kegiatan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) berskala nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya