SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, BANTUL-Cacing hati atau Fasciola Hepatica ditemukan pada ratusan hewan kurban yang disembelih di Bantul.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Witanta mengatakan, cacing hati ditemukan di 122 ekor sapi dan lima domba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada perayaan Idul Adha Selasa (15/10/2013), petugas pemeriksa hewan kurban dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul bersama mahasiwa dari UGM. Hingga Selasa sore, petugas telah memeriksa sebanyak 2.087 ekor sapi serta 1.200 ekor kambing di 314 titik penyembelihan hewan kurban.

Ekspedisi Mudik 2024

“Data yang masuk baru sementara, karena jumlah ternak yang dipotong mencapai lima ribu lebih,” kata Witanta, Selasa (15/10/2013).

Petugas Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Bantul, Sri Imawadi mengatakan, hati sapi yang mengandung cacing hati dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti diare dan pusing. Meski pun hati tersebut sudah dimasak dengan suhu tinggi dan cacingnya mati. “Kalau hati itu direbus cacingnya mati dan mengeluarkan racun. Kalau dikonsumsi, bisa pusing dan diare,” terang Sri.

Ia menambahkan, hewan sapi yang mengandung cacing hati tak dapat dikenali saat ternak masih hidup. Kondisi sapi tersebut dari luar tak ada bedanya dengan ternak lain yang tak mengandung cacing. Cacing tersebut berasal dari pakan hewan. “Misalnya pakan jerami dan rumput yang ada telur cacing. Telur masuk ke hati dan berkembangbiak menjadi cacing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya