SOLOPOS.COM - Idris Sardi (Istimewa/Wikipedia/CC-BY-SA REPRODUCTION/Chris Woodrich)

Solopos.com, SOLO – Maestro Musik Indonesia, Idris Sardi, 75, meninggal dunia di Rumah Sakit Meilia Cibubur, Senin (27/4/2014) sekitar pukul 07.25 WIB. Kabar duka langsung menyebar di berbagai media sosial internet. Sejumlah tokoh nasional menyampaikan rasa simpatinya.

Fungsionaris Partai Gerindra Fadli Zon menyampaikan kabar duka ini melalui akun Twitter. “Telah wafat maestro IDRIS SARDI td pagi jam 07,25 di RS Meilia, Cibubur. Semoga almarhum diterima di sisi terbaik Allah SWT,” tulisnya akun @fadlizon, Senin pagi. “Semoga arwah almarhum diterima di sisi Allah SWT.”

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mendengar kabar ini sejumlah tokoh nasional, mulai dari politisi hingga musisi mengucapkan rasa dukanya yang terdalam. Jusuf Kalla dan Gita Wirjawan jadi yang paling pagi mengucapkan pada akun Twitter masing-masing.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un,turut berbelasungkawa atas wafatnya Idris Sardi (Maestro Biola),Semoga almarhum dtrma di sisi Allah SWT,” ucap akun @Pak_JK.

“Innalilahi Wa’inailaihi Roji’un turut belasungkawa atas wafatnya seniman, Maestro Biola Idris Sardi. Semoga alm. diterima di sisi Allah SWT,” @Gwirjawan.

Musisi sekaligus maestro musik Jazz, Indra Lesmana tak mau ketinggalan. “RIP Idris Sardi… Thank you for your music, education and dedication..,” ungkap akun @indralesmana.

Selain Indra, musisi lain seperti Melly Goeslaw, Rossa, Armad Maulana hingga Opick mengungkapkan rasa dukanya. “Innalillahi Wainnailaihi Rajiun… Keluarga GaSS turut berduka atas wafatnya sang legenda Idris Sardi @armandmaulana@mynameisrossa,” @melly_goeslaw

“Innalilahi wa inalilahirojiun. Telah berpulang ke rahmatuloh. Maistro biola Indonesia IDRIS SARDI,senin pagi,pukul 07.20wib,” @opick_tomboati1

“|| Innalilahi Wa’inailaihi Roji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah : Maestro Biola, Seniman Besar Indonesia IDRIS SARDI,Senin pukul 07.20,” @Asri_Welas

Sementara Sudjiwo Tedjo mengungkapkan bela sungkawanya dengan membahas “Violin” sang Maestro. Aku ?@sudjiwotedjo mengatakan “BIOLA itu “violin” alto ..yg dlm orkes nggeseknya kayak org nggergaji. Biasanya duduk deret belakang. Kalau yg Idris Sardi itu Violin!!!

“#info : Yg dimainkan Maestro Idris Sardi itu Violin. Bukan biola. Biola adalah sebutan utk Violin Alto (lebih besar dr Violin) #salahKaprah,” lanjutnya.

“Wah, Tuhan guyon, Mas Idris Sardi ud dipelukNya sebelum lukisanku ttg beliau rampung dan beliau “tagih” terus..Met jalan..sampai jumpa,” tulisnya. “Ok Mas Idris Sardi, selamat jalan, sampai jumpa .. Aku #utangRasa ke sampeyan dan juga utang nglukis Sampeyan …”

Hingga berita ini diturunkan ungkapan bela sungkawa masih terus mengalir di microblog, Twitter. Nama “Idris Sardi” bahkan sempat beberapa kali muncul di Trending.

Tokoh yang dikenal sebagai maestro musik biola ini lahir pada 7 Juni 1938. Idris Sardi merupakan anak dari pemain biola orkes RRI Studi Jakarta, Sardi. Di dunia film, almarhum juga dikenal sebagai komponis dan ilustrator musik bertangan dingin.

Atas karyanya, dia beberapa kali mendapat anugerah Piala Citra untuk kategori Penata Musik Terbaik untuk beberapa film yakni Pengantin Remaja (1971),Perkawinan (1973), Cinta Pertama (1974), Doea Tanda Mata (1985).

Almarhum mewariskan talenta musiknya kepada dua anaknya dari pernikahannya dengan Zerlita, yakni Santi Sardi dan Lukman Sardi. Dua nama terakhir sukses berkarier di dunia film.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya