Identitas 3 Korban Meninggal dalam Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura
Petugas memakai APD mengevakuasi jenazah korban meninggal dalam kebakaran rumah indekos di Gembongan, Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (25/12/2020) pagi. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Identitas laki-laki yang merupakan salah satu dari tiga korban meninggal dunia di rumah indekos  terbakar di Gembongan, Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (25/12/2020), terungkap.

Laki-laki penghuni rumah indekos di Gembongan Kartasura itu bernama Heksasi Pratama, 21, warga Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, saat ditemui Solopos.com di sela-sela pemberian makanan ringan kepada anggota TNI-Polri di pos pengamanan (Pospam) Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo, Sabtu (26/12/2020), menguraikan tiga orang meninggal dunia terdiri atas dua perempuan dan satu orang laki-laki.

Korban Selamat Ceritakan Detik-Detik Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura

Ketiga penghuni indekos yang meninggal itu masing-masing Dewi Aisyiah, 19, yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan toko modern; Yulia Aditya, 20, warga Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dan Heksasi Pratama, 21, warga Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

“Penghuni indekos laki-laki meninggal di lantai I yakni Heksasi Pratama. Korban tercatat sebagai mahasiswa bukan karyawan atau pekerja,” kata dia.

Mereka meninggal dunia lantaran kehabisan oksigen saat kobaran api melalap bangunan rumah indekos berlantai dua tersebut.

“Ketiga penghuni rumah indekos meninggal lantaran lemas kehabisan oksigen saat peristiwa,” ujar dia.

Kebakaran Indekos Gembongan Kartasura, Begini Posisi 3 Korban Meninggal Saat Kejadian

Saat ini, jenazah ketiga penghuni indekos itu masih berada di RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo. Hasil autopsi ketiga jenazah itu tidak ditemukan bekas penganiayaan atau tanda-tanda kekerasan.

Sementara itu, terkait sumber api yang membakar rumah indekos di Gembongan RT 002/RW 004 Desa Singopuran, Kartasura, diduga karena open flame atau nyala api terbuka. Sumber api diduga berasal dari lantai 1 rumah indekos.

“Sumber api diduga karena open flame. Ada ruang terbuka di lantai I kemudian terjadi kobaran api yang melalap rumah indekos,” kata Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, saat ditemui Solopos.com di Sukoharjo, Sabtu (26/12/2020).

Barang Mudah Terbakar

Kapolres menyebut kuat dugaan pemantik sumber api berasal dari rokok. Terlebih, lantai I merupakan area parkir sepeda motor para penghuni rumah indekos. Bisa jadi, percikan bara rokok jatuh mengenai barang yang mudah terbakar di lantai I rumah indekos.

Kendati demikian, Kapolres bakal memastikan hasil penyelidikan tim Puslabfor Polda Jateng pada pekan depan.

Wow, Koleksi Pohon Sakura di Tawangmangu Kini Ada 91 Batang

Kebakaran rumah indekos itu mengakibatkan kerugian material berupa enam unit sepeda motor yang menjadi barang bukti. Sepeda motor itu telah dibawa polisi ke Polsek Kartasura sesaat setelah kejadian.

Diberitakan, peristiwa tragis kebakaran rumah indekos menghebohkan publik pada pagi hari Natal, Jumat (25/12/2020), di Gembongan RT 002/RW 004 Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo.

Tiga penghuni indekos meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Sementara delapan orang selamat yang terdiri atas empat anggota keluarga pemilik rumah indekos dan empat orang lainnya penghuni indekos campur laki-laki dan perempuan itu.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom