SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan tidak merasa kecewa meskipun wacana soal listrik gratis bagi masyarakat miskin yang dilontarkannya ditolak mentah-mentah oleh DPR.

“Saya tidak pernah merasa kecewa. Ngapain kecewa dinikmati saja yang ada,” ujar Dahlan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/6).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dahlan mengaku dirinya legowo menerima sikap penolakan dan kritikan terhadap wacana listrik gratis yang diusulkannya itu.

“Itu sudah diputuskan untuk dicabut. Nanti lain kali sebaiknya yang usulkan pemerintah secara formal, bukan saya yang usulkan,” tegas Dahlan.

Saat dikonfirmasi apakah dirinya mendapatkan teguran dari pemerintah terkait wacana yang diusulkannya, Dahlan membantah soal itu.

“Saya tidak merasa. Kenapa harus pakai dimarahin? Kalau tidak setuju, tidak usah marah. Pecat saja saya,” tegasnya.

Seperti diketahui, wacana listrik gratis untuk masyarakat miskin dicetuskan oleh Dirut PLN Dahlan Iskan akhir pekan lalu. Listrik untuk masyarakat miskin gratis, namun untuk masyarakat mampu harus membayar sesuai harga keekonomiannya.

Menurut perhitungan Dahlan, dengan memberikan seluruh subsidi kepada golongan masyarakat miskin (pengguna 450 mw) dan pembayaran normal atau sebesar biaya produksi listrik (Rp 1.000 per kwh) oleh golongan lain, maka PT PLN akan kehilangan dana sebesar Rp 1,5 triliun tetapi dapat penerimaan sekitar Rp 30 triliun.

Namun ide itu lantas menuai kritikan dari DPR. Dahlan dinilai menjadi provokator dan berbicara melebihi kapasitasnya sebagai Dirut PLN. Menteri ESDM Darwin Saleh pun lantas buru-buru meredam dengan mengatakan bahwa ide itu adalah wacana pribadi Dahlan Iskan. Menurut Darwin, ide listrik gratis untuk masyarakat miskin itu sulit untuk  diwujudkan.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya